BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jardo Stammashas (26): ‘Adikku mengajariku bahwa kerja keras bisa menyenangkan’

Siapa yang menginspirasi Anda?

“Kakak saya ingin bekerja keras dan saya tidak memahaminya. Saya menjalani akhir pekan dan menganggap pekerjaan itu omong kosong. Tapi dia menunjukkan kepada saya bahwa bekerja keras untuk sesuatu bisa sangat menyenangkan.

Jardo Stammashos (26) Dia terpilih sebagai ‘mahasiswa paling inovatif di Belanda’. Melalui Start-up Lion Power-nya, ia telah terlibat dalam pengembangan pengisi daya standar untuk baterai lithium-ion. Lotere Kode Pos memenangkan hadiah uang sebesar 100.000 euro melalui Tantangan Hijau. Tahun ini ia menerima gelar master dalam bidang fisika (cum lot) dan sains, bisnis dan inovasi di VU University Amsterdam. Bahkan juara tinju.

Acara utama?

‘Saya terkena malaria di Indonesia dan itu milik saya tiket emas NS. Menyadari bahwa itu bisa berakhir begitu cepat, saya memiliki keinginan untuk mengambil keuntungan dari hidup sebelum itu berakhir. Aku ingin keluar. ‘

Tidak bisa hidup tanpanya?

“Sebuah tujuan untuk bekerja.”

Saran terbaik?

Pelatih kickboxing saya pernah berkata selama pelatihan: Mengapa Anda begitu menyedihkan? Lakukan push-up Anda selama Anda bisa, dan menjadi menyedihkan tidak akan membantu. Maksudnya: jangan malu-malu, jangan merengek, teruskan, lakukan apa yang harus kamu lakukan. Itu saran terbaik yang pernah saya dapatkan.’

Dalam lima tahun?

‘Apakah saya telah membuat dampak positif bagi masyarakat, terutama pengusaha yang berkelanjutan?’

READ  Gempa 6,4 skala Richter mengguncang wilayah Bengkulu di Indonesia