BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jendela kompor penuh jelaga?  Ini membuatnya mudah untuk dibersihkan!

Jendela kompor penuh jelaga? Ini membuatnya mudah untuk dibersihkan!

Anda dapat menonton pertunjukan api yang indah selama berjam-jam. Namun bagaimana jika jendela tungku kayu Anda tertutup jelaga dan Anda tidak melihat apa pun selain kabut oranye? Tentu saja sangat disayangkan! Menggosok dengan bahan kimia bukanlah ide yang baik dengan api. Dalam hal ini, air saja tidak akan membawa Anda kemana-mana. Untungnya, ada trik yang sangat mudah untuk menghilangkan kabut jelaga kotor ini dengan mudah. Dan… Anda tidak perlu keluar rumah, karena Anda sudah memiliki segalanya di rumah!

Pembersihan jendela kompor kayu

Untuk membersihkan jendela kompor, disarankan untuk membakar kompor dengan kekuatan penuh agar partikel jelaga dapat terbakar. Namun kemungkinan besar jendela akan tetap tertutup jelaga setelah itu. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan trik berikut. Untuk melakukan ini, Anda hanya memerlukan tisu dapur, koran atau tisu toilet, sedikit abu, dan air.

Sedikit tip: lakukan ini hanya saat kompor sudah dingin!

  • Langkah 1: Basahi selembar kertas dapur atau koran dengan air dan buatlah bola dari dalamnya.
  • Langkah 2: Celupkan steker ke dalam abu yang tersisa di tungku kayu.
  • Langkah 3: Gosok bagian dalam kaca dengan bantalan tersebut. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan segera melihat bahwa kaca menjadi lebih bersih.
  • Langkah 4: Jika perlu, ulangi langkah sebelumnya hingga semua partikel jelaga terlepas dan kaca menjadi transparan kembali.
  • Langkah 5: Terakhir, ambil selembar kertas bersih untuk menyeka jelaga terakhir dari jendela.

Sekarang jendela perapian Anda kembali jernih dan mulai sekarang Anda akan dapat melihat nyala api lagi. Kami juga mencobanya sendiri:

Penasaran dengan cara terbaik dan tercepat untuk menyalakan api? Coba metode pemanasan Swiss!

READ  Sebuah studi baru menunjukkan bahwa Tyrannosaurus rex mungkin memiliki bibir seperti kadal

Mencegah jelaga kompor

Meski nasihat ini bermanfaat, pencegahan tentu saja tetap merupakan pilihan terbaik. Bagaimana cara sebisa mungkin mencegah endapan jelaga? Dengan memastikan pembakaran yang baik terlebih dahulu. Hal berikut ini sangat penting:

  • Pastikan Anda memiliki nafsu makan yang cukup. Ekstraksi asap yang baik sangat penting untuk tujuan ini dan cerobongnya juga harus sesuai dengan jenis kompornya.
  • Gunakan kayu yang bersih dan kering. Tingkat kelembapan antara 15 dan 20% sangat ideal!
  • Nyalakan kompor semaksimal mungkin. Jika Anda menggunakan lebih sedikit energi, Anda mematikan kompor, yang juga mengurangi pembakaran.