BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jepang mengalahkan Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia, dengan Irak memimpin grup

Doha: Jepang mengalahkan Indonesia 3-1 dalam pertandingan terakhir Grup D Piala Asia pada hari Rabu untuk mengamankan dua tempat teratas dan lolos ke babak 16 besar, sementara Irak naik ke puncak dengan poin maksimal setelah menang 3-2 atas Vietnam. Pemenangnya pada menit ke-102.

Ayase Ueda dari Jepang mencetak dua gol untuk tim asuhan pelatih Hajime Moriyasu, yang menempati posisi kedua dengan enam poin, sementara pemain Irak Ayman Hussein menduduki puncak daftar pencetak gol turnamen dengan gol keempat dan kelimanya.

“Setelah kekalahan dari Irak, kami melihat ke belakang untuk melihat apa yang perlu kami tingkatkan dan perbaiki,” kata Moriyasu kepada wartawan. “Para pemain saya fokus dan mampu tampil 100 persen.”

“Saya meminta para pemain saya untuk lebih agresif sejak awal. Penalti awal membuat kami bisa mengontrol permainan selama 90 menit.”

Jepang unggul 1-0 ketika mereka mendapat hadiah tendangan penalti pada menit kedua setelah Ueda dilanggar di dalam kotak penalti oleh Jordi Amat, dan tendangan penalti diberikan setelah pemeriksaan VAR.

Ueda melangkah maju untuk mengambil bola sendiri dan setelah mengumpulkan tenaga, ia menembakkan bola ke pojok atas di hadapan suporter Indonesia di belakang gawang.

“Saya harus mencetak gol dan tekanan ada pada saya setelah hasil pertandingan terakhir. Saya merasa gugup namun saya juga menikmati menghadapinya,” ujarnya.

Mereka hampir unggul 2-0 tepat setelah setengah jam pertandingan berjalan ketika tembakan Keito Nakamura memantul di dalam tiang gawang dan meluncur berbahaya mendekati garis gawang sebelum dapat dihalau.

Namun Jepang akhirnya menggandakan keunggulan mereka ketika Ritsu Doan mengirimkan umpan melintasi kotak enam yard yang berhasil menaklukkan setiap pemain bertahan dan menemukan Ueda yang tidak terkawal di tiang jauh untuk melakukan upaya mudah.

READ  Kalender olahraga 2022 | Kami dapat menantikan ini: Piala Dunia FIFA, Max Verstappen, dan banyak lagi olahraga lainnya

Gol tersebut memberi dorongan besar bagi Jepang dan mereka terus menekan Indonesia, dengan tim Asia Tenggara itu tidak mampu mencegah gol ketiga ketika Ueda mencetak gol bunuh diri pada menit ke-88 setelah Justin Hubner berusaha memblok tembakannya.

Indonesia mencetak gol hiburan di masa tambahan waktu ketika Jepang gagal menghalau lemparan ke dalam dan bola jatuh ke tangan Sandy Walsh di tiang jauh saat ia dengan cerdas menyelesaikan gol internasional pertamanya.

Moriyasu, yang timnya kebobolan di ketiga pertandingan grupnya, menambahkan: “Kami kebobolan di menit-menit terakhir akibat lemparan jauh. Kami harus fokus menjaga gawang kami tetap bersih di pertandingan berikutnya.”

Dengan hanya meraih tiga poin, Indonesia kini harus menunggu hingga Kamis untuk melihat apakah mereka bisa lolos ke empat besar tim peringkat ketiga.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong berkata: “Apa pun bisa terjadi. Saya tidak bisa mengatakan apa pun tentang apa yang bisa terjadi besok. Kami akan istirahat dan menunggu hasil pertandingan mendatang.”

Irak terlambat meninggalkannya

Pada pertandingan Grup D lainnya, Vietnam memimpin sebelum jeda ketika Bui Hoang Viet Anh mencetak gol dari tendangan bebas, namun Khoat Van Cang dikeluarkan dari lapangan karena kartu kuning kedua di penghujung babak pertama.

Irak menyamakan kedudukan dua menit setelah dimulainya babak kedua ketika Rebin Solaka menyundul bola sepak pojok sebelum Hussein mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-73.

Vietnam hampir saja merebut poin penyama kedudukan ketika Nguyen Quang Hai menyamakan kedudukan pada menit ke-91, namun Irak mendapatkan tendangan penalti yang dengan tenang dieksekusi Hussein pada menit ke-12 masa tambahan waktu.