BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sepak Bola: Jepang mengalahkan Indonesia 3-1 dan lolos ke babak 16 besar Piala Asia

Sepak Bola: Jepang mengalahkan Indonesia 3-1 dan lolos ke babak 16 besar Piala Asia

Ayase Ueda mencetak dua gol dan menyumbang gol ketiga saat Jepang melaju ke babak 16 besar Piala Asia dengan kemenangan 3-1 atas Indonesia pada hari Rabu.

Samurai Biru lolos ke final Grup D di Stadion Al Thumama di Doha, setelah kekalahan mengejutkan 2-1 dari Irak pada hari Jumat, mencegah juara Asia empat kali itu untuk finis di puncak grup.

Pelatih kepala Hajime Moriyasu memulai dengan pencetak gol terbanyak Piala Dunia Ritsu Doan di sayap kanan dan Oeda dari Feyenoord serta delapan perubahan dari Irak.

Ayase Ueda dari Jepang mencetak gol melalui titik penalti pada babak pertama pertandingan grup melawan Indonesia di Piala Asia AFC di Doha pada 24 Januari 2024. (Coaching World)

Ueda memberi Jepang, peringkat 17, keunggulan setelah enam menit melawan Indonesia, peringkat 146 dunia. Ia melepaskan tendangan penalti ke pojok kanan atas setelah diseret ke tanah oleh kapten lawan Jordi Amat.

“Sebagai sebuah tim, kami fokus pada poin dari pertandingan sebelumnya dan memulai pertandingan dengan baik,” kata Ueda.

Keito Nakamura hampir membuat skor menjadi 2-0 pada menit ke-35 ketika Siya Maikuma menemukannya di depan gawang, namun tendangan striker Reims itu membentur tiang.

Meskipun penguasaan bola signifikan di babak pertama, Jepang tidak mencetak gol lagi sampai Ueda memasukkan bola dari sisi kanan gawang pada menit ke-52 setelah umpan silang mendatar dari Doan melewati area penonton.

Ayase Ueda (9) dari Jepang mencetak gol di babak kedua pertandingan grup melawan Indonesia di Piala Asia AFC di Doha pada 24 Januari 2024. (Dunia Pelatihan)

Doan menyia-nyiakan peluang berturut-turut untuk memperbesar keunggulan saat Jepang terus menekan pertahanan Indonesia, namun tim Asia Tenggara bertahan hingga tembakan Ueda dibelokkan ke gawangnya sendiri setelah Justin Hoebner pada menit ke-88.

READ  Piala Dunia Panahan Menunggang Kuda di Malaysia, Indonesia menempati posisi kedua dalam kompetisi tersebut

Bek Sandy Walsh memastikan Jepang dikeluarkan dari titik penalti untuk pertama kalinya di turnamen melalui gol dari lemparan ke dalam yang jauh di menit pertama waktu tambahan.

Ayase Ueda (paling kiri) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya usai mencetak gol di babak kedua laga grup melawan Indonesia di Piala Asia AFC di Doha pada 24 Januari 2024. (Dunia Pelatih)

“Masih banyak hal yang perlu ditingkatkan (sebagai tim) dan juga secara pribadi, karena ada momen dalam pertandingan yang saya tidak puas dan saya ingin memperbaikinya,” kata Ueda. Dia menambahkan: “Tetapi merupakan hal positif bahwa saya mampu mencetak gol untuk menang.”

Sebagai runner-up Grup D, Jepang akan menghadapi pemimpin Grup E di babak 16 besar, dengan rival beratnya Korea Selatan dan Yordania dalam persaingan.


Cakupan terkait:

Sepak Bola: Asosiasi Sepak Bola Jepang mengutuk pelecehan online terhadap kiper Jepang Zion Suzuki

Sepak Bola: Ikon Jepang yang tidak biasa, Endo, mengucapkan selamat tinggal dengan cara yang khas

Sepak Bola: Irak mengalahkan kandidat Piala Asia Jepang 2-1