BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jika seseorang memanfaatkan Anda, mereka akan menampilkan sembilan perilaku halus ini

Jika seseorang memanfaatkan Anda, mereka akan menampilkan sembilan perilaku halus ini

Menavigasi hubungan sosial sering kali terasa seperti berjalan melewati labirin. Tidak selalu mudah untuk membedakan antara hubungan nyata dan hubungan yang mungkin memanfaatkan Anda untuk keuntungan pribadi.

Mengetahui kapan seseorang memanfaatkan Anda tidaklah mudah, terutama jika perilakunya tidak kentara. Namun ada tanda-tanda tersembunyi yang dapat membantu Anda menemukannya.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi dengan Anda 9 perilaku halus yang mungkin mengindikasikan seseorang memanfaatkan Anda. Ini bukan tentang mengajukan tuntutan. Ini tentang memberdayakan Anda untuk mencari diri sendiri dalam hubungan Anda. Teruslah membaca, ini akan menjadi menarik.

1) Sering mengambil, jarang memberi

Hidup adalah jalan dua arah, terutama dalam hal hubungan.

Saling memberi dan menerima adalah landasan dari setiap hubungan yang sehat. Namun ketika seseorang memanfaatkan Anda, keseimbangan itu sering kali hilang.

Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka selalu berada di pihak penerima – baik melalui bantuan, perhatian, sumber daya, atau waktu. Kadang-kadang, ini terasa lebih seperti sebuah kewajiban daripada pekerjaan nyata.

Jika Anda merasa lelah, terus-menerus memberi tanpa menerima imbalan apa pun, inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali. Apakah orang ini memanfaatkan Anda sebagai alat untuk mencapai tujuannya?

2) Kebutuhan Anda sering diabaikan

Dalam hubungan apa pun, menghormati kebutuhan satu sama lain adalah hal yang penting. Namun ketika seseorang memanfaatkan Anda, kebutuhan Anda sering kali terabaikan.

Saya ingat dengan jelas seorang teman lama dari perguruan tinggi. Kami bersenang-senang bersama, kami bersenang-senang bersama. Tapi setiap kali saya membutuhkannya Bantuan emosional atau telinga yang mendengarkan, tidak akan tersedia atau sedikit tidak tertarik.

Saat kami bertemu, percakapan kami berkisar pada masalahnya, kehidupannya, dan kisahnya. Kebutuhan saya sepertinya tidak terlalu penting.

Butuh beberapa saat bagi saya untuk menyadari bahwa ini bukanlah persahabatan yang seimbang. Itu sedikit menguras tenaga dan saya merasa kebutuhan saya terus-menerus diabaikan.

READ  Para ilmuwan menemukan fosil laba-laba dinosaurus "raksasa" di Australia

3) Mereka menghilang pada masa-masa sulit

Dalam hubungan apa pun, baik persahabatan atau cinta, ujian sebenarnya datang pada masa-masa sulit.

Orang yang memanfaatkan Anda memiliki kemampuan untuk menghilang saat Anda sedang mengalami masa sulit. Mereka muncul ketika mereka membutuhkan sesuatu dari Anda, tetapi ketika Anda membutuhkan dukungan, mereka tidak dapat ditemukan.

riset Hal ini menunjukkan bahwa dukungan emosional merupakan komponen penting dalam keterhubungan manusia. Semakin kuat ikatannya, semakin besar kemungkinan orang untuk saling mendukung melalui masa-masa sulit.

Di sisi lain, seseorang yang selalu menghilang ketika keadaan menjadi sulit mungkin tidak tertarik untuk membangun hubungan nyata dengan Anda. Mereka mungkin hanya melihat Anda sebagai pengganti dalam hidup mereka.

4) Mereka hanya berkomunikasi ketika mereka membutuhkan sesuatu

Hubungan nyata dibangun berdasarkan keseimbangan antara memberi dan menerima, dengan kedua belah pihak berkontribusi dalam komunikasi.

Ketika Anda mendapati diri Anda menerima panggilan atau pesan tepat ketika seseorang membutuhkan layanan atau bantuan, itu adalah tanda yang jelas bahwa Anda berada dalam dinamika transaksional dan bukan dalam hubungan yang bermakna.

Dalam skenario ini, Anda dipandang sebagai alat untuk mencapai tujuan, bukan sebagai individu yang berharga. Orang tersebut melihat Anda sebagai sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga mengurangi kedalaman dan keaslian komunikasi.

Yang benar adalah: hubungan yang nyata melibatkan penghargaan yang tulus satu sama lain, bukan hanya atas apa yang ditawarkan.

5) Mereka tidak terlalu senang dengan kesuksesan Anda

Teman dan kekasih sejati merayakan pencapaian satu sama lain. Mereka benar-benar bahagia untuk Anda ketika Anda mencapai sesuatu, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya.

Namun jika seseorang memanfaatkan Anda, Anda mungkin akan melihat kurangnya antusiasme atau bahkan kebencian ketika Anda menceritakan kesuksesan Anda kepada mereka. Mereka mungkin meremehkan pencapaian Anda atau mengalihkan pembicaraan ke diri mereka sendiri.

READ  'Peningkatan' rawat inap akibat COVID dilaporkan di Texas Utara, menurut Dewan Rumah Sakit DFW - NBC 5 Dallas-Fort Worth

Perilaku halus ini mungkin sulit dikenali, tetapi ini merupakan tanda bahaya yang penting. Seseorang yang tidak bisa bahagia dengan kebahagiaan atau kemajuan Anda mungkin memanfaatkan Anda untuk keuntungannya sendiri, alih-alih benar-benar peduli dengan kesejahteraan Anda.

6) Itu membuat Anda merasa bersalah karena mempertahankan pendirian Anda

Mengadvokasi diri sendiri tidak hanya penting, tetapi juga perlu. Namun, orang yang memanfaatkan Anda mungkin membuat Anda merasa bersalah karena memaksakan batasan Anda.

Bayangkan ini: Anda akhirnya mengumpulkan keberanian untuk mengatakan “tidak” pada layanan yang tidak bisa atau tidak ingin Anda lakukan. Alih-alih menghormati keputusan Anda, mereka malah membuat Anda merasa bersalah dan membuat Anda merasa tidak enak karena tidak menuruti kebutuhan mereka.

Temanku, ingatlah ini – tidak apa-apa untuk mengatakan tidak. Tidak apa-apa untuk mengutamakan diri sendiri. Jika seseorang terus-menerus membuat Anda merasa bersalah karena mempertahankan pendirian Anda, kemungkinan besar dia menggunakan kebaikan Anda untuk keuntungannya sendiri.

7) Mereka tidak menghargai waktu Anda

Waktu adalah komoditas yang berharga. Kita semua mempunyai waktu 24 jam yang sama dalam sehari, dan cara kita menggunakannya menunjukkan banyak hal tentang apa yang kita hargai.

Saya pernah mengenal seseorang yang sering membatalkan rencana di menit-menit terakhir, atau sering datang terlambat tanpa meminta maaf. Butuh beberapa saat bagi saya untuk menyadari bahwa ini adalah tanda tidak hormat terhadap waktu dan usaha saya.

Ketika seseorang berulang kali mengabaikan waktu Anda karena terlambat, tiba-tiba membatalkan rencana, atau mengharapkan Anda untuk selalu mengikuti jadwalnya, itu mungkin merupakan tanda bahaya bahwa dia memanfaatkan Anda.

8) Mereka terlalu menawan saat membutuhkan bantuan

Pesona bisa menjadi sifat yang hebat. Ini juga bisa menjadi alat manipulasi.

READ  NASA mungkin mengizinkan astronot miliarder dan SpaceX untuk mengangkat Teleskop Hubble

Jika seseorang memanfaatkan Anda, mereka mungkin mengaktifkan sihir ketika mereka menginginkan sesuatu dari Anda. Pujian mereka mungkin mengalir lebih bebas, minat mereka terhadap hidup Anda tiba-tiba memuncak, dan perilaku mereka secara keseluruhan terhadap Anda mungkin menjadi lebih menyanjung.

Tapi begitu mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, keajaiban itu bisa dengan cepat memudar. Jika Anda memperhatikan pola ini, berhati-hatilah. Ini adalah perilaku halus yang mungkin menunjukkan bahwa mereka memanfaatkan Anda untuk keuntungan mereka sendiri.

9) Anda merasakannya di perut Anda

Intuisi Anda adalah alat yang ampuh. Perasaan itulah, suara kecil di dalam kepala Anda yang menyenggol Anda ketika ada sesuatu yang tidak beres.

Jika, terlepas dari segalanya, Anda terus-menerus merasa ada sesuatu yang tidak beres, dengarkanlah. Intuisi Anda mungkin menangkap perilaku dan sinyal halus yang tidak Anda sadari.

Percaya dengan nalurimu. Jika Anda merasa seseorang memanfaatkan Anda, mungkin memang begitu.

Pikiran Terakhir: Ini tentang harga diri

Pada akhirnya, inti dari semuanya adalah harga diri dan pemahaman tentang nilai diri Anda.

Mengenali perilaku tersembunyi ini adalah langkah pertama untuk menegaskan nilai Anda. Ini tentang pemahaman bahwa Anda berhak mendapatkan hubungan yang saling menguntungkan, penuh perhatian, dan saling menghormati.

Penting untuk diingat bahwa tidak apa-apa untuk menjauh dari hubungan yang menguras tenaga atau membuat Anda merasa kurang dari diri Anda yang sebenarnya. Lindungi kesehatan mental Anda, jaga kedamaian Anda, dan selalu carilah hubungan yang mengangkat Anda.

Apakah Anda menyukai artikel saya? Sukai saya di Facebook untuk melihat lebih banyak artikel seperti ini di feed Anda.