The news is by your side.

Jumat Keramat, Hasto dan 3 Staf PDIP Diperiksa KPK

1

Oleh: Rudi Hasan  |   

Balicitizen.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait kasus suap yang menjerat Harun Masiku. Tak hanya Hasto, KPK juga memeriksa tiga staf DPP PDIP yaitu Gery, Riri, dan Kusnadi untuk kasus yang sama.

“Ketiganya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SAE (Saeful Bahri)” kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat (24/1)

Dari luar orang-orang PDIP, KPK juga memeriksa dua komisioner KPU yakni Hasyim Asy’ari dan Evi Novida Ginting Manik. Mereka juga diperiksa sebagai saksi untuk Saeful.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan, mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful, ditetapkan sebagai tersangka kasus suap terkait penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR.

Wahyu bersama Agustiani diduga menerima suap dengan total Rp900 juta. Uang panas itu diberikan supaya Wahyu dan Agustiani mengatur penetapan Harun sebagai anggota DPR menggantikan caleg terpilih atas nama Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia sebelum pemungutan suara Pemilu 2019 digelar.

Dalam perkara ini, Wahyu dan Agustiani disangkakan melanggar Pasal 12 ayat 1 huruf a atau Pasal 12 ayat 1 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara, Harun dan Saeful sebagai pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

Leave A Reply

Your email address will not be published.