BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kalender Acara Astronomi Mendatang |  Acara Langit Malam Teratas untuk Ditonton pada tahun 2023

Kalender Acara Astronomi Mendatang | Acara Langit Malam Teratas untuk Ditonton pada tahun 2023

Pada tahun 2023, kita dapat mengamati komet terang, gerhana matahari hibrida yang langka, dan fenomena astronomi unik lainnya. Lihat daftar berikut dan tandai malam terbaik untuk melihat bintang di kalender Anda!

Isi

4 Januari: Puncak hujan meteor Quadrantid

Tahun dimulai dengan Quadrantids. Ini Salah satu hujan meteor paling aktif tahun ini: 60 hingga 200 meteor per jam Ia terkenal dengan bola api yang dihasilkannya. Sayangnya, tahun ini puncaknya terjadi dua hari sebelum bulan purnama. Di pagi hari, pengamatan awal terbaik adalah antara bulan terbenam dan matahari terbit: dengan cara ini 92% bulan yang diterangi akan memiliki waktu 1-2 jam tanpa menerangi langit. Di belahan bumi utara, cahaya di langit selalu tinggi. Lebih jauh ke selatan, hujan muncul di atas cakrawala pada siang hari.

1 Februari: Komet C/2022 E3 (ZTF) mencapai kecerahan maksimum

Komet C/2022 E3 (ZTF) akan melewati perihelion pada akhir Januari 2023 dan mendekati Bumi pada 1 Februari. Ini akan menjadi hari yang baik untuk mengamati komet karena sekarang akan lebih cerah. Saat ini Anda dapat melihat C/2022 E3 (ZTF) melalui teropong. Pada awal Februari, itu akan menjadi cukup terang untuk dapat dilihat dengan teropong atau, menurut beberapa prediksi, bahkan dengan mata telanjang. Tahun ini Komet tunggal yang cerah iniJadi jangan lewatkan!

20 April: Gerhana Matahari Hibrid

Pada bulan April, Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat gerhana total/annular hibrida langka, gerhana yang mengubah penampilan saat bayangan bulan bergerak melintasi Bumi. Gerhana seperti itu jarang terjadi: mis Kami hanya memiliki tujuh di abad ini. Dalam kebanyakan kasus, gerhana hibrida dimulai sebagai annulus, kemudian menjadi total, lalu kembali ke annulus. Penonton keluar Australia, Indonesia dan Timor Timur Untuk menyaksikan peristiwa unik ini; Daerah sekitarnya akan melihat gerhana matahari sebagian.

17 Mei: Gerhana Jupiter oleh Bulan

Gerhana Bulan jarang terjadi dan sulit diamati: Itu hanya dikenal di bagian dunia tertentu. Saat ini, fenomena langit yang tidak biasa terlihat Amerika dan sebagian Eropa. Pengamat bintang akan melihat Bulan lewat di depan Jupiter. Planet terang menghilang di balik cakram bulan yang hampir tak terlihat dan muncul kembali satu jam kemudian. Seluruh dunia akan melihat bulan redup bersinar sangat dekat dengan planet ini. Lain kali kita melihat gerhana bulan Jupiter adalah pada tahun 2026, jadi gunakan kesempatan Anda tahun ini untuk menyaksikan momen tersebut.

13 Agustus: Puncak hujan meteor Perseid

Hujan meteor Perseid adalah salah satunya Hujan meteor paling terkenal dan berlimpah tahun ini. Itu dapat menghasilkan hingga 100 meteor per jam. Tahun ini, Perseids mencapai puncaknya dua hari sebelum bulan baru, jadi mengamati kondisinya menguntungkan. Hujan meteor ini terutama terlihat dari belahan bumi utara, di mana radiasi selalu muncul di atas cakrawala.

27 Agustus: Saturnus berlawanan

Setahun sekali, Bumi berada di antara Saturnus dan Matahari, jadi planet ini berseberangan dengan bintang di langit: saat Matahari terbenam di barat, Saturnus terbit di timur. Saat ini, planet terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya, jadi inilah kesempatan terbaik Anda untuk mengamatinya. Saturnus muncul sebagai lingkaran oval melalui teropong; Teleskop akan mengungkap cincin-cincin itu. Anda akan melihat tingkat kilau 0,4 di Aquarius.

31 Agustus: Bulan Purnama Terbesar 2023

Supermoon pada 31 Agustus 2023 akan datang lebih dekat ke Bumi daripada bulan purnama lainnya dalam setahun. Cerah dan sangat penting Agustus tahun ini Selain itu, menjadi satu Bulan Biru atau bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender (perhatikan bahwa nama ini tidak ada hubungannya dengan warna bulan yang sebenarnya). Nikmati jalan-jalan di bawah sinar bulan dan baca artikel kami untuk mempelajari cara membedakan supermoon dari bulan purnama biasa.

READ  Kitty (75) dan Root (78) berhenti dari bisnis mereka Indo Koffie Bali dan berganti bisnis

14 Oktober: Cincin Api – Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari lainnya akan terlihat di benua Amerika Utara dan Selatan. Penonton keluar AS, Meksiko, Belize, Honduras, Nikaragua, Panama, Kolombia, dan Brasil “Cincin Api” atau Cincin – Cincin terang sinar matahari yang mengelilingi Bulan. Bagian lain dari Belahan Barat akan dapat melihat gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari jenis ini berikutnya akan terjadi dalam waktu sekitar satu tahun Dan hanya bisa dilihat dari Chili dan Argentina.

November 3: Jupiter berlawanan

Jupiter adalah objek paling terang ketiga di langit malam (setelah Bulan dan Venus) dan biasanya terlihat jelas. Pada 3 November 2023, akan mencapai resistensi dan Paling cerah tahun ini (dengan magnitudo tampak -2,9) sinar konstelasi Aries. Planet dapat dilihat dengan mata telanjang; Ambil teropong atau teropong untuk mengagumi bulan-bulan Galilea di sekitar Jupiter.

14 Desember: Puncak hujan meteor Geminid

Geminid yang cerah sering hadir Hujan meteor terkuat dan paling andal tahun ini. Diketahui menghasilkan 150 meteor warna-warni per jam. Pertunjukan spektakuler dapat dilihat di kedua belahan bumi. Pengamat dari garis lintang utara dapat memulai pengamatan di malam hari. Pengamat bintang dari Belahan Bumi Selatan harus menunggu sedikit lebih lama: pancaran cahaya tidak akan naik di atas cakrawala hingga tengah malam.

Pendeknya: Sekarang Anda tahu peristiwa langit yang harus Anda perhatikan di tahun 2023. Ikuti kami Media sosial Dan lihat Kalender Astronomi Bintang berjalan 2 Dan Malam ini adalah langit Jangan lewatkan mereka!

Kami ingin Anda melihat langit cerah dan kebahagiaan!