BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kami menggunakan lebih banyak batubara secara global daripada sebelumnya, tetapi puncaknya tampaknya telah tercapai (sebenarnya sekarang).

Kami menggunakan lebih banyak batubara secara global daripada sebelumnya, tetapi puncaknya tampaknya telah tercapai (sebenarnya sekarang).

Penggunaan batubara global diperkirakan akan meningkat sebesar 1,2 persen pada tahun 2022 dari tahun sebelumnya. Itu melebihi 8 miliar ton, memecahkan rekor sebelumnya (dari 2013).

Pemanfaatan batubara

Penggunaan batu bara meningkat di Eropa tahun ini, sebagian besar karena krisis energi. IEA mengharapkan peningkatan Eropa bersifat sementara. Namun di belahan dunia lain (seperti Asia), penggunaan batubara akan tetap sama atau meningkat di tahun-tahun mendatang.

Itulah mengapa agensi mengharapkan penggunaan batubara global tetap sama hingga tahun 2025, karena berbagai peningkatan dan penurunan menjaga penggunaan total (kira-kira) seimbang. Akibatnya, batubara saat ini menjadi sumber utama emisi CO2 dalam sistem energi global.

Pertanyaan sulit

Meski krisis energi dan kenaikan harga gas menyebabkan peningkatan penggunaan batu bara, menurut IEA, peningkatannya sangat terbatas. Pertumbuhan ekonomi juga melambat, sehingga mengurangi permintaan energi. Selain itu, kapasitas energi terbarukan meningkat pesat. “Dunia mendekati puncak penggunaan energi fosil, dan permintaan batu bara menurun lebih dulu. Tapi kita belum sampai di sana,” kata Keisuke Sadamori, direktur pasar energi dan keamanan IEA. .”

Produksi batubara

Wajar saja, selain permintaan, produksi batu bara juga mencapai rekor. Tiga produsen terbesar dunia, China, India, dan Indonesia, semuanya memiliki rekor produksi. Sisi baiknya: Investasi dalam proyek batu bara baru tampaknya tidak meningkat untuk saat ini. Hal ini menunjukkan kehati-hatian di kalangan investor dan perusahaan pertambangan tentang prospek batubara jangka menengah dan panjang, kata perusahaan itu.

Lihat lebih banyak? Baca laporan selengkapnya di sini.

Baca selengkapnya:

READ  Gunungan sampah plastik Belanda berakhir di Indonesia