BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal Anak dari Indonesia – Panduan Podcast VPRO

Tentu saja, para orang tua muda di kapal itu senang bisa menginjakkan kaki di tanah Belanda dengan bayi yang sehat, tapi ceritanya tentu bukan hanya tentang kebahagiaan anak muda. Sebagian besar orang dewasa di kapal adalah tentara KNIL dan keluarga mereka. Mereka harus meninggalkan Indonesia sesegera mungkin setelah kemerdekaan. Mereka mengalami trauma perang dan berakhir di negara di mana mereka tidak selalu merasa diterima.

Awal tahun ini laporan besar Kemerdekaan, dekolonisasi, kekerasan dan perang di Indonesia, 1945-1950 Kaki. Di dalamnya, peneliti menyimpulkan bahwa angkatan bersenjata Belanda berulang kali dan secara struktural menggunakan kekerasan ekstrem dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Esther Captain adalah salah satu penulis laporan dan juga berkontribusi pada podcast. Ini menempatkan wawancara dengan anak-anak Ranchi ke dalam perspektif sejarah.

Sangat mudah untuk mendengar dari cerita mereka yang berbeda betapa berbedanya pengalaman dan pendapat orang-orang dengan masa lalu India. Misalnya, Martin suka membicarakan ayahnya, karena dia menganggapnya sebagai pahlawan. Tetapi Chris percaya bahwa ayahnya adalah seorang pembunuh dan tidak terlalu menghormatinya, karena dia juga seorang pecandu alkohol dengan tangan longgar. Dengan cara ini, podcast memberikan tambahan yang bagus untuk percakapan saat ini tentang masa lalu Indonesia. Selain enam episode, akan ada film pendek dan acara Ranchi di negara ini.

READ  Gempa bumi Indonesia menewaskan puluhan orang di Sulawesi