BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal Angkatan Laut AS pertama di Selat Taiwan sejak kunjungan Pelosi

Kapal Angkatan Laut AS pertama di Selat Taiwan sejak kunjungan Pelosi

EPA/Angkatan Laut AS

NOS. Berita

Dua kapal Angkatan Laut AS melintasi Selat Taiwan hari ini. Ini adalah gerakan angkatan laut AS pertama di selat itu sejak kunjungan Ketua DPR AS Pelosi ke Taiwan awal bulan ini.

China mengecam keras kunjungan Pelosi, yang menganggap Taiwan sebagai provinsi pemberontak dan ingin mencegah negara-negara membangun hubungan diplomatik dengan pulau itu. Kemudian tentara China melakukan manuver besar-besaran, terutama di Selat Taiwan.

Menurut Angkatan Laut AS, pergerakan USS Antietam dan USS Chancellorsville melalui selat selebar 160 kilometer antara China dan Taiwan adalah operasi rutin. Armada Ketujuh Angkatan Laut menulis bahwa kapal penjelajah tidak memasuki perairan teritorial negara tetangga mana pun dan pergerakan itu tunduk pada hukum internasional. izin.

laut bebas dan terbuka

Alasan pasti untuk memindahkan kapal laut tidak jelas. Angkatan Laut hanya menyatakan bahwa pelayaran adalah ekspresi dari komitmen Amerika Serikat untuk Samudra Hindia dan Pasifik yang bebas dan terbuka. Sebelum kunjungan Pelosi pada 2 dan 3 Agustus, fregat Amerika secara teratur berlayar melalui Selat Taiwan.

Militer China mengatakan dalam tanggapannya bahwa mereka memantau pergerakan kapal angkatan laut AS dan akan campur tangan dalam setiap provokasi.

READ  India memilih seorang anggota suku perempuan sebagai kepala negara untuk pertama kalinya