BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal Indonesia menyelamatkan Rohingya setelah pencarian berjam-jam

Kapal Indonesia menyelamatkan Rohingya setelah pencarian berjam-jam

Kapal penyelamat Indonesia menyelamatkan puluhan orang dari kapal yang terbalik. Kapal kayu itu membawa warga Rohingya dan terbalik pada hari Rabu di dekat Aceh, di ujung utara pantai Indonesia. Layanan penyelamatan tiba beberapa jam setelah kecelakaan dan menemukan korban tenggelam sehari kemudian. Sepuluh dari mereka Kantor berita AP melaporkan Mereka dibawa ke tempat aman oleh perahu nelayan setempat. Kapal penyelamat Indonesia menyelamatkan 59 orang dari air.

Tidak jelas berapa banyak pengungsi yang berada di kapal ketika kapal tersebut terbalik. Nelayan setempat, yang menyelamatkan enam orang pada hari Rabu, memperkirakan enam puluh hingga ratusan orang tenggelam. Tidak diketahui apakah semua penumpang selamat dari kapal yang terbalik dalam semalam atau ada yang tenggelam.

Sekitar 750.000 warga Rohingya telah meninggalkan tanah air mereka di Myanmar ke Bangladesh dalam beberapa tahun terakhir. Minoritas Muslim diusir ke luar negeri dan diasingkan oleh pemerintah. Muslim Rohingya mencari perlindungan di negara-negara tetangga, termasuk Indonesia, dari kamp pengungsi yang melimpah di Bangladesh.

Sejak November, Indonesia telah meningkatkan kewaspadaan masyarakat internasional mengenai besarnya jumlah pengungsi. Negara ini telah menerima lebih banyak pengungsi Rohingya dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan negara tetangganya, Malaysia dan Thailand. Rohingya menghadapi peningkatan permusuhan di Indonesia. Oleh karena itu, Presiden menyerukan lebih banyak solidaritas internasional dalam krisis penerimaan ini.

Baca selengkapnya
Jaksa ICC sedang menyelidiki kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan di Myanmar




READ  “Penelitian praktis? Itu tergantung pada praktik apa yang Anda pikirkan.”