BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal kedua yang ditembaki di lepas pantai Yaman, mengubah haluan • Tentara Israel menemukan sisa-sisa warga sipil dan tentara yang hilang di Gaza

Kapal kedua yang ditembaki di lepas pantai Yaman, mengubah haluan • Tentara Israel menemukan sisa-sisa warga sipil dan tentara yang hilang di Gaza

Kapal kontainer kedua diserang di lepas pantai Yaman pada hari Jumat, kata perusahaan keamanan maritim Ambrey. Sebuah dinas militer Inggris melaporkan bahwa terjadi kebakaran, tetapi dengan cepat padam. Para kru selamat.

Kelompok Houthi telah mengganggu pergerakan pelayaran ke dan dari Laut Merah selama berminggu-minggu. Oleh karena itu, mereka meneriakkan perlawanan terhadap operasi Israel di Gaza.

Sebelumnya pada hari Jumat, kapal kargo “Al Jasra”, milik perusahaan pelayaran Jerman Hapag-Lloyd, dibom di lepas pantai Yaman. Kebakaran terjadi di dek dan sebuah kontainer jatuh ke laut.

Kapal kargo kedua yang ditembak adalah MSC Palatium milik pemilik Swiss. Ini sedang dalam perjalanan ke pelabuhan Saudi di Jeddah. Kapal itu menjadi sasaran saat berlayar sekitar 22 mil laut barat daya pelabuhan Mokha di Yaman.

Ada kemungkinan bahwa Houthi memberi tahu kapal tersebut melalui komunikasi radio untuk tidak melanjutkan perjalanan di Laut Merah. Kapal itu mungkin sudah berbalik arah dan kini berlayar menuju Bab al-Mandab, selat di selatan Laut Merah, menurut Ambrey.

Peter van Amelrooy

Pelayaran internasional tidak hanya terkena dampak kerusuhan di Timur Tengah. Di tempat lain, kekeringan menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan penting lainnya“, tulis Jonathan Whitman.

READ  Ukraina menggugat tersangka deportasi ilegal anak-anak untuk pertama kalinya • Bank Dunia memberikan 1,5 miliar ke Ukraina