BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kecil tapi mengancam jiwa: Australia telah mencari kapsul radioaktif selama dua minggu |  Luar negeri

Kecil tapi mengancam jiwa: Australia telah mencari kapsul radioaktif selama dua minggu | Luar negeri

Di Australia, ada kekhawatiran besar tentang kapsul sekecil 8 milimeter yang telah hilang oleh pihak berwenang. Jalur setidaknya 1.400 kilometer disisir dengan cermat untuk melacak kiriman yang hilang. Kapsul itu bersifat radioaktif dan karenanya mengancam jiwa.

Pihak berwenang di Australia Barat mengeluarkan peringatan zat radioaktif minggu lalu. Ini tentang kapsul yang digunakan dalam radiometer di industri pertambangan. Paket itu jatuh dari truk aman yang tiba di gudang pada 16 Januari. Pada saat itu, tidak ada apa-apa di udara. Hilangnya tidak diketahui sampai 25 Januari.

Kurang dari 1 euro

“Kami menangani insiden ini dengan sangat serius,” kata Simon Trott, kepala divisi bijih besi di Australia Barat tempat kapsul radioaktif itu berasal. Tetapi mengapa ini penting sekarang? Penggunaan kapsul yang tidak aman dapat menyebabkan bintik merah, luka bakar parah, dan penyakit radiasi. Dalam jangka panjang, zat tersebut dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, dinas kesehatan menganjurkan untuk menjaga jarak minimal 5 meter dan tentunya tidak mengambil kapsul.

Tapi bagaimana Anda bisa menemukan sesuatu yang begitu kecil pada jarak yang begitu jauh? Dengan diameter 6 mm dan tinggi 8 mm, potongan tersebut berdiameter lebih kecil dari koin satu sen euro. Orang Australia menggunakan peralatan pencarian khusus yang ditujukan untuk menemukan bahan radioaktif. Pihak berwenang akan “mencari seluas mungkin”.

Otoritas Australia Barat sedang mencari di sepanjang rute sepanjang 1.400 kilometer. © AP

Pengejaran putus asa?

Pihak berwenang mengakui bahwa kapsul tersebut mungkin “tidak akan pernah ditemukan lagi”. Ini tentang trek sepanjang 1.400 km (sebagai perbandingan: itulah jarak antara Brussel dan Madrid) dan sudah lebih dari dua minggu. Jadi, misalnya, bisa jadi sudah terjebak di ban mobil dan jaraknya ratusan kilometer dari area pencarian. Angin mungkin juga telah memindahkan kapsulnya.

Sementara itu, polisi Australia dipanggil. Menurut mereka, ini adalah kecelakaan dan pelakunya tidak dapat diidentifikasi. Pencurian juga dikecualikan. Sekrupnya mungkin kendor, menyebabkan beban jatuh. Perusahaan pertambangan Anglo-Australia Rio Tinto telah meminta maaf atas kerugian tersebut.


READ  Kode cuaca berwarna merah di lima belas kota Italia karena cuaca yang sangat panas