BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kejutan: 400cc segaris empat dari Kawasaki

Kejutan: 400cc segaris empat dari Kawasaki

berita

Kami tidak benar-benar melihat kedatangan Ninja ZX-4R. Pembalap 400cc in-line empat Jepang membuat comeback setelah lama absen. Angka kering tapi menarik: 80 hp, 188 kg, dan 15.000 rpm.

Sepertinya masa lalu telah kembali. Pada tahun sembilan puluhan kami berpesta 400-an berteknologi tinggi yang diproduksi oleh pabrikan Jepang untuk pasar mereka sendiri, yang juga datang ke Eropa sebagai makanan penutup eksklusif dengan banyak ‘R’. Honda memiliki CBR400RR dan VFR400R, Yamaha FZR400RR, Suzuki GSR-R400R dan Kawasaki ZXR400. (Lihat kembali ke sini Pada saat itu) yang terakhir sekarang memiliki penggantinya. Atau sebenarnya tiga.

Ninja ZX-4R ditenagai oleh mesin 399 cc empat silinder baru dengan output 77 hp (80 hp dengan Ram-Air). Blok tersebut memiliki batas putaran lebih dari 15.000 rpm dan suara – seperti yang diungkapkan Kawasaki – hanya kaleng empat silinder berteknologi tinggi.

Camshaft tempa ringan dan piston aluminium cor memungkinkan putaran tinggi. Flywheel yang ringan memberikan respons mesin yang antusias. Kopling sandal mencegah roda belakang terkunci saat turun dengan cepat. Versi SE dan RR juga hadir standar dengan quick shifter.

Kawasaki langsung menawarkan tiga varian. Ninja ZX-4R SE hadir standar dengan: quick shifter, smoke windshield, koneksi USB dan crash pad. Fitur Ninja ZX-4RR kelas atas: Garpu depan Showa SFF-BP dengan preload pegas yang dapat disesuaikan, peredam kejut ringan Showa BFRC, dan livery RR.

Dengan rangka tersebut, Kawasaki mengatakan akan menggunakan pengalaman yang didapat di WSBK. Distribusi bobot, poros lengan ayun, dan suspensi mesin didasarkan pada superbike. Untuk rangkanya, Kawasaki tidak memilih aluminium seperti ZXR400 sebelumnya, melainkan baja. Garpu terbalik Ø 37 mm meredam ujung depan. Rem depan terdiri dari cakram kembar semi-mengambang Ø 290 mm dengan kaliper monoblok yang dipasang secara radial.

READ  'Skimmer Belanda menjarah satu juta euro di Indonesia' | Lokal

Generasi terbaru 400 tentu saja memiliki elektronik. Ninja kecil ini memiliki mode berkendara terintegrasi yang menggabungkan KTRC (Kontrol Traksi Kawasaki) dan mode daya – Olahraga, Jalan, Hujan, dan Pengendara. Sistem kontrol traksi dapat dimatikan sepenuhnya untuk pengalaman berkendara yang bersih.

Ninja ZX-4R akan tersedia di AS, Kanada, Filipina, dan Indonesia musim semi ini. Harus menunggu hingga musim gugur 2023. Harus menunggu harga juga.