BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kemarahan dan ketidakpahaman bahwa Belgia mengizinkan festival besar neo-Nazi berlanjut – Job

16-08-2022

Waktu membaca 2 menit

3907 opini

Pada akhir Agustus, sebuah acara Yserwake neo-Nazi berlangsung di Ypres, Belgia. Badan intelijen Eropa prihatin dengan “ancaman ekstrem sayap kanan”. Para ahli ekstremisme sayap kanan dan neo-Nazi menggambarkannya sebagai hal yang tidak dapat dipahami bahwa acara tersebut pernah diizinkan, bahkan ada yang menyarankan bahwa “orang kulit berwarna atau homoseksual” tidak boleh berada di area tersebut akhir pekan ini.

Yserwake adalah kumpulan penuh warna dari semua jenis ekstremis sayap kanan, dari kelompok fasis seperti Identitairen dan Schild & Vrienden, hingga neo-Nazi hardcore. Beberapa tahun lalu, pemimpin Forum Demokrasi Terry Bodet menjadi salah satu tamu kehormatan.

Tahun ini pada Sabtu malam, malam sebelum acara yang sebenarnya, sebuah festival musik yang disebut Frontnacht akan berlangsung. Tindakan utama adalah CasaPound kultus Italia Mussolini, dan beberapa anggotanya telah dituntut karena kekerasan terhadap imigran dan lawan politik. Tindakan lain termasuk neo-Nazi yang blak-blakan seperti Phil Neumann dari Jerman dan Harm Jan Smit dari Belanda, juga dikenal sebagai Flatlander. Smit bermain di Hungaria pada tahun 2020 di sebuah festival di mana “prestasi Nazi” diperingati.

Thorsten Hindrichs, seorang ahli musik di University of Mainz yang berspesialisasi dalam dunia musik sayap kanan menceritakan, Koran:

“Saya sama sekali tidak mengerti bahwa festival ini bisa terjadi. Paling-paling, sangat naif untuk membiarkan tindakan yang jelas-jelas neo-Nazi seperti Bronson, Flatlander dan Phil Neumann dilakukan. Paling buruk, itu adalah kelalaian dan bentuk keterlibatan. Baik Flatlander maupun Neumann memiliki hubungan. Jaringan teroris Hammerskins terlihat jelas, dan itu sendiri merupakan alasan untuk melarang festival ini.”

Pada awal Agustus, badan intelijen Eropa berpartisipasi dalam analisis Yserwake, yang disiapkan oleh US SITE Intelligence, sebuah kelompok riset yang memantau aktivitas jihadis, sayap kanan, dan sayap kanan. Ini juga akan menunjukkan bahwa banyak organisasi sayap kanan secara aktif merekrut neo-Nazi untuk pergi ke Ypres. Ini termasuk Volksfirst, didirikan di Belanda, yang merayakan ulang tahun Adolf Hitler pada bulan April tahun ini dengan menonton film anti-Semit seperti Der ewige Jude.

Festival musik neo-Nazi dibatalkan pada malam Yserwake. Dewan kota Ypres memutuskan dengan suara bulat pada Selasa siang. Dewan kota menulis dalam Periklanan:

Untuk memverifikasi kondisi tersebut, dimintai saran antara lain dari kepolisian setempat dan OCAD. Laporan yang kami terima baru-baru ini menunjukkan bahwa neo-Nazi dan neo-fasis akan menandatangani grup musik yang akan tampil di sana. Ini tentu saja tidak dapat diterima oleh Ebers Friedstad.

Kanan paling kanan Yserwake dapat melanjutkan dirinya sendiri.