BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pameran “Indonesia dan Sekolah Amsterdam” di Museum Kapal Panas

Dari 1 Desember 2022 hingga 27 Agustus 2023, Museum Het Schip menyajikan pameran tentang hubungan antara Sekolah Amsterdam dan Hindia Belanda, Indonesia saat ini. Melalui film, bahan fotografi, grafik, cetakan, dan seni terapan, pameran ini menunjukkan bagaimana gerakan arsitektur Belanda dipengaruhi oleh bentuk, warna, dan bahan bekas jajahan.

Bentuk, warna, dan bahan Indonesia memberi kesan mendalam pada pencipta Art Nouveau dan Amsterdam School. Kompleks candi khususnya, arsitektur rakyat dan pengerjaan dipelajari dengan penuh minat dan apresiasi. Beberapa melakukan perjalanan ke Hindia Belanda, tetapi sebagian besar mendapat kesan selama pameran dunia internasional. Misalnya pada tahun 1910 di Brussel, di mana kerajinan Indonesia seperti batik dan anyaman ditampilkan.

dalam pameran Sekolah Indonesia dan Amsterdam Anda dapat melihat pengaruh Indonesia pada bangunan, patung, dan seni terapan Sekolah Amsterdam. Contoh yang baik adalah atap bergelombang rumah Minangkabau dari Sumatera, salah satu pulau di Indonesia. Anda dapat menemukannya sebagai sajak untuk gambar di rumah sekolah Amsterdam dari sekitar tahun 1920-an. Juga bentuk-bentuk bahasa Indonesia lainnya, seperti Gunungan dan legendaris bertahan hidupUlar naga dimasukkan oleh desainer Amsterdam School ke dalam furnitur, dasi bangunan, dan benda seni.

Pameran ini tidak hanya memberikan perspektif Belanda. Di bagian-bagian film, para ahli Indonesia di bidang seni dan arsitektur berbicara tentang pengaruh Indonesia di Amsterdam School.

READ  American Utopia disutradarai oleh David Byrne adalah film musikal yang sangat tidak biasa yang dibuat oleh Spike Lee ★★★★