BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kematian di kapal migran dekat Kepulauan Canary

Mayat empat migran yang tewas ditemukan di kapal migran dekat Kepulauan Canary. Palang Merah Spanyol memindahkan 19 orang lainnya ke kantor berita Reuters, 16 di antaranya dalam kondisi mengkhawatirkan.

Para migran itu terlihat oleh perahu nelayan 200 kilometer selatan El Hierro, salah satu pulau terkecil di ujung barat nusantara. Setelah itu, Penjaga Pantai Spanyol melancarkan operasi penyelamatan, di mana, antara lain, tiga helikopter dikerahkan.

Penyeberangan berisiko

Banyak migran masih mengambil risiko penyeberangan berbahaya dari daratan Afrika ke Kepulauan Canary. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi memiliki kurang dari 2.700 migran di jalan pada tahun 2019. Tahun lalu setidaknya ada 22.000. Pada bulan-bulan pertama tahun ini tempatnya luas. 3.500 imigran.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan ratusan orang telah meninggal atau hilang. Mereka secara teratur melakukan perjalanan di laut dengan perahu kayu kecil yang sempit dengan mesin yang tidak dapat diandalkan.

Akibat krisis Corona, para migran melarikan diri dari tanah asalnya. Epidemi telah meningkatkan kemiskinan dan pengangguran.

READ  Anak-anak tewas dalam kebakaran rumah besar di Brussel | di luar negeri