BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kenapa kita tidak tahu persis jumlah korban selama Perang Kemerdekaan Indonesia

Menentukan jumlah korban Indonesia dalam Perang Kemerdekaan Indonesia telah lama terbukti rumit. Para ahli mengatakan: “Laporan tersebut tidak dapat diandalkan.”

Dia ada di meja di acara bincang-bincang Beau tentang film baru De Oost. Film tersebut mengklaim bahwa itu didasarkan pada kebenaran dan bahwa beberapa bagian bersifat teatrikal. Federasi Hindia Belanda (FIN) Dia pergi ke pengadilan Karena mereka merasa penjelasan sutradara harus lebih ditekankan.

200.000

“Kami berperang di sana yang lepas kendali dan berlangsung selama empat tahun, dan kami tahu bahwa kami membunuh sekitar 200.000 orang.” Sejarawan Hans Guidkop menggambarkan Perang Kemerdekaan Indonesia sebagai “masalah murni” dalam acara bincang-bincang Poe.

Sangat sulit untuk menentukan jumlah pasti korban Perang Kemerdekaan Indonesia, karena dokumen-dokumen tersebut seringkali tidak valid, kata Sees Summers: “Sangat sulit untuk menentukan periode dari 1945 hingga 1949. Perkiraan kematian Belanda tentara mencapai 200.000 menurut saya terbalik. Penelitian yang sangat berarti perlu dilakukan, karena tidak semua sumber lengkap atau dapat diandalkan. “

Baca juga

Estimasi

Bagaimana dengan sumber tersebut? “Jika ada aksi pertempuran di suatu tempat, laporan harus disiapkan. Dengan semua angka ini, Anda bisa mendapatkan jumlah total korban,” jelas sejarawan dan jurnalis Ann Lute Hook.

Tapi justru itulah yang kami lewatkan: begitu banyak dari laporan ini tidak dapat diandalkan, kata sejarawan. Karena angka-angka di dalamnya terkadang hanya perkiraan, atau karena kadang berguna bagi tentara yang menuliskannya dengan berlebihan atau tidak. Selain itu, kata Somers, ada banyak kasus kekerasan timbal balik, yang belum ada angka pastinya.

Baca juga

80 tahun 2000

De Groene melakukan Amsterdammer sebelumnya Penelitian Kepada 97.421 korban Indonesia, dengan peringatan bahwa ini mungkin minimal. Misalnya, Anda bisa melihat 200.000 yang disebutkan Hans Goedkoop sebagai margin tertinggi, tetapi kedua angka itu terpisah lebih jauh.

READ  Nick Kuippers di tempat yang tepat di Ajax Indonesia | 1 Limburg

Hoek melakukan penelitiannya sendiri di Indonesia dan menjelaskan bagaimana angkanya dapat sangat bervariasi pada waktu-waktu: “Anda dapat menemukan sumber-sumber militer ini di arsip, tetapi ketika Anda sampai di satu tempat, itu bisa sangat berbeda. Sumatera, memiliki 80 hingga 120 kematian dilaporkan. Ada, tapi di monumen itu ada 1500. Dan jika saya berbicara dengan orang-orang, saya datang ke tahun 2000. “Jadi kita tidak tahu persis berapa banyak orang yang meninggal di sana.

Dengarkan fakta atau fiksi di sini di EenVandaag