BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Kerusakan alam terbesar yang pernah ada’ di Israel: flu burung membunuh ribuan bangau | luar negeri

Wabah flu burung di Israel utara telah mendatangkan malapetaka pada burung-burung liar. Media Israel melaporkan bahwa lebih dari 5.000 crane telah mati.




Pihak berwenang berbicara tentang kerusakan alam terbesar dalam sejarah negara itu. Pejabat Taman dan Alam Israel telah mulai mengumpulkan mayat bangau yang mati di Cagar Alam Hula. Lahan basah ini memiliki kepentingan internasional dalam kerangka apa yang disebut Konvensi Ramsar (konvensi lingkungan UNESCO yang mulai berlaku pada tahun 1975).

Di cagar alam, di mana ribuan bangau dari Eropa mencari makan setiap tahun dalam perjalanan mereka ke Afrika, sekitar 5.200 mati telah dihitung. “Banyak mayat mengambang di tengah rawa, yang membuat mereka sulit untuk dipindahkan,” kata kepala ilmuwan Yuri Naveh, Senin. Staf taman mencoba untuk memindahkan bangkai secepat mungkin untuk mencegah kontaminasi satwa liar lainnya. Namun, proses pembersihan lebih lambat dari yang diharapkan. “Kami sedang mencari apakah ada solusi lain,” kata Naveh.

Sekitar setengah juta ayam telah dimusnahkan di daerah itu sejauh ini, menurut Kementerian Pertanian Israel, karena takut menyebarkan penyakit menular. Menteri Perlindungan Lingkungan Tamar Zandberg berbicara di Twitter tentang “bencana satwa liar terburuk dalam sejarah Israel.” Dia mengatakan tingkat kerusakan masih belum jelas.

Setengah juta derek

Sekitar 500.000 derek Eropa berhenti di cadangan setiap tahun. Sejumlah kecil dari mereka dibiarkan berhibernasi, kata Yaron Michaeli, juru bicara Cagar Danau Hula. Tahun ini, menurut dia, diperkirakan mencapai 30.000 eksemplar. Diyakini bahwa burung bangau menginfeksi burung-burung kecil yang terjangkit flu burung di peternakan tempat penyakit menular itu menyebar. Michaeli mengatakan jumlah korban tewas di antara crane tampaknya telah stabil dalam beberapa hari terakhir. Ini adalah pertanda baik. Mungkin burung-burung mulai menguasai mereka sekarang. Kami sangat berharap demikian.”

READ  Melepaskan mafia Sisilia yang melakukan 200 pembunuhan setelah 25 tahun penjara | di luar negeri

Menurut kantor Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, pejabat dari kementerian pertanian, lingkungan dan kesehatan sedang memantau situasi. Tidak ada informasi tentang kontaminasi manusia. Siapapun yang terkena influenza mengembangkan gejala seperti demam, sakit kepala, dan nyeri otot.



AP

© AP

Bangau di lembah Cagar Alam Houla.

Bangau di lembah Cagar Alam Houla. © AFP

Tonton video berita yang paling banyak dilihat di daftar putar di bawah ini: