BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kesamaan antara pemeliharaan lebah dan pertanian vertikal

Kesamaan antara pemeliharaan lebah dan pertanian vertikal

“Saya tidak mengerti orang-orang yang tumbuh tanpa perangkat lunak akhir-akhir ini, karena menurut saya sangat tidak mungkin untuk mencapai standar tertentu tanpa itu. Sebagai bisnis kecil hingga 1000 m2, Anda baik-baik saja. Tetapi jika Anda menskalakan operasi Anda dengan banyak orang yang bekerja di lapangan dengan mesin dan peralatan, otomatisasi sangat diperlukan. Karena sebagian besar informasi dikumpulkan melalui sensor, kamera, dll., bagaimana Anda dapat menerjemahkan kontennya? , CEO dan salah satu pendiri Cogastro, pemasok perangkat lunak pengelolaan peternakan hama Lituania.


Mande Sitlauskite

Cocastro beroperasi dari Vilnius, ibu kota Lituania. Lalat prajurit hitam, ulat bambu, dan jangkrik dapat menggunakan sistem mereka untuk bereproduksi. Banyak modul disertakan, membuatnya mudah untuk menyesuaikan sistem dengan ukuran organisasi apa pun.

Alasan di balik kepercayaan Monte adalah bahwa tim telah melihat banyak kesalahan dalam masukan karyawan, yang mengakibatkan pengamatan dan prediksi yang salah. Seperti yang dijelaskan Monte, saat Anda mengumpulkan data, Anda tidak boleh membuat kesalahan. Dalam jangka panjang, pengumpulan data secara manual sangat tidak efisien karena memakan banyak waktu.

Untuk menunjukkan bahwa pertanian vertikal dengan serangga tidak berbeda dengan pertanian vertikal, kami telah membuat daftar kesamaan yang paling menonjol.

Lingkungan hidup yang menyenangkan
Suhu, kelembapan, dan cahaya yang tepat sangat penting untuk tempat tinggal serangga agar serangga ‘betah’. Seperti tanaman, rasio cahaya yang berbeda digunakan untuk setiap siklus hidup. Fase kawin dapat dibandingkan dengan fase vegetatif, siklus hidup tanaman yang paling penting. “Kami menemukan tingkat reproduksi yang lebih baik saat menggunakan intensitas dan spektrum cahaya tertentu untuk lalat prajurit hitam.”

Bergantung pada spesies serangga yang berkembang biak, Monte menjelaskan bahwa suara dan gerakan sangat penting karena memberi tahu Anda apa yang mereka lakukan. Misalnya, saat jangkrik kawin, mereka mengeluarkan suara tertentu yang mengkhianati suasana hati mereka. Jadi untuk semua penanam, jika Anda tidak mendengar tanaman Anda ‘tertusuk’, itu pertanda baik. Itzhak Khait dkk. Menurut penelitian terbaru pada (2023), tumbuhan mengeluarkan suara saat stres. Terlepas dari semua lelucon, jelas bahwa kebutuhan lingkungan ini sejalan dengan menanam tanaman yang dapat dimakan.

READ  Kebangkitan kediktatoran yang spektakuler (dan mengancam) di seluruh Asia Tenggara


Antarmuka perangkat lunak

Berbagi data
Sebagian besar peternakan serangga yang bekerja dengan Cocastro diskalakan agar seefisien mungkin, seperti yang terlihat pada pertanian organik terkontrol. “Bagi kami, ini tentang menyatukan semua titik pergerakan dan mengetahui variabel apa yang memengaruhi pertumbuhan.”

Dengan mengintegrasikan semua poin data ke dalam perangkat lunak, tim dapat berinteraksi dengan keseluruhan kumpulan data fasilitas. Dari sana, mereka mengembangkan lebih lanjut intelijen bisnis berdasarkan permintaan pelanggan. Di masa mendatang, Cogastro berencana untuk menambahkan alat distribusi ke perangkat lunaknya yang memungkinkannya bertukar informasi dari berbagai peternakan dari lokasi geografis mana pun.

Menggunakan algoritma untuk meningkatkan proses
Mengembangkan algoritme akan membantu petani memperbaiki semua masalah di balik bisnis mereka. Secara khusus, hal-hal seperti apakah pakan sudah cukup, waktu pemberian pakan, isi pakan dan pencatatan interaksi. Interaksi ini akan membantu kami mengembangkan lebih banyak algoritme dan memprediksi hasil dengan lebih akurat.

Dengan memiliki korelasi, kita dapat menerjemahkan dengan tepat variabel mana yang lebih berpengaruh daripada yang lain untuk mendapatkan hasil tertentu. Algoritma memungkinkan mereka untuk menggunakan lebih banyak dan mengoptimalkan keseluruhan proses.

Dari telur hingga serangga
Biasanya, Cogastro mengirimkan perangkat lunaknya ke infrastruktur mesin dan peralatan yang ada. Namun, ini sering kali disertai dengan banyak sumber informasi yang tersebar, yang bukan merupakan situasi yang tidak biasa bagi pertanian vertikal. “Semua poin data ini memberikan informasi penting tentang proses bisnis di dalam perusahaan. Data ini penting karena seorang penanam ingin mengetahui apa yang terjadi dari telur hingga serangga, berapa banyak input yang diperlukan untuk mencapai jumlah massa akhir, dan cara bekerja secara efisien.”

READ  Bagaimana kisah cinta Eropa dengan kaki katak mendatangkan malapetaka di tempat lain

Ini bukan hanya tentang hasil akhir, tetapi juga tentang biaya serangga. Berapa banyak serangga yang perlu Anda pelihara dan berapa biaya produk akhirnya? Menurut Mande, ada berbagai teknik untuk mempelajari data. Itulah yang dibantu fasilitasi oleh Cogastro; Operator dapat menangkap, membaca, dan menggabungkan data tersebut.


Foto 12028827 © Denise Tabler | Dreamstime.com

Analisis gerakannya
Karena banyak peternak dalam ruangan menggunakan manipulasi baki, ini adalah praktik yang terkenal dalam pemuliaan serangga, memindahkan musang dari satu tahap perkembangan ke tahap lainnya. Penggunaan perangkat lunak memungkinkan operator menerapkan tindakan pada lencana dan mengubah kinerjanya kapan saja.

Namun, pemrosesan kotak sebagian besar dilakukan secara otomatis. “Bagi kami, ini bukan tentang memindahkan kotak, tetapi tentang apa yang terjadi selama dan setelah perawatan untuk mencapai hasil akhir. Semua gerakan ini memberikan wawasan tentang hasil panen akhir.”

Negara-negara besar
Dengan AS, UE, dan Afrika sebagai pasar utama mereka, Cocastro telah menarik minat dari perusahaan-perusahaan Asia, khususnya Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

“Pertama-tama kami harus mendapatkan kepercayaan dalam industri ini, dan begitu kami memilikinya, kami dapat mulai bekerja dengan pemain pasar utama.”

Untuk informasi lebih lanjut:
UAB Cogastro
Mante Sidlauskaite, CEO
Puccino G. 14, Pasekscių k.,
LT-33344 Moletur r., Lituania
https://cogastro.com