BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ketekunan NASA menangkap video dan audio penerbangan kreativitas keempat – Program Eksplorasi Mars NASA


Suara rotor helikopter Mars menambah dimensi baru pada proyek bersejarah tersebut.


Untuk pertama kalinya, pesawat ruang angkasa di planet lain merekam suara pesawat ruang angkasa yang terpisah. Pesawat luar angkasa NASA menggunakan salah satu pengeras suara untuk mendengarkan helikopter Ingenuity Dia terbang untuk keempat kalinya 30 April 2021. Sebuah video baru menggabungkan rekaman helikopter bertenaga surya yang diambil dengan Perseverance Mastcam-Z dengan audio dari mikrofon instrumen laser SuperCam rover.

Laser ditembakkan dari bebatuan dari kejauhan, dan mempelajari uapnya dengan spektrofotometer untuk mengungkap komposisi kimianya. Mikrofon perangkat merekam suara serangan laser ini, yang memberikan informasi tentang properti fisik target, seperti kekerasan relatifnya. Mikrofon juga dapat merekam suara sekitar, seperti angin Mars.

Dengan Perseverance berdiri 262 kaki (80 meter) dari tempat lepas landas dan pendaratan helikopter, misi penjelajah tidak yakin apakah mikrofon akan menangkap suara apa pun dari penerbangan. Bahkan dalam penerbangan, ketika bilah helikopter berputar dengan kecepatan 2.537 putaran per menit, suara tersebut sebagian besar teredam oleh atmosfer tipis Mars. Itu semakin tertutup oleh hembusan angin Mars pada saat-saat pertama penerbangan. Dengarkan baik-baik, namun suara helikopter terdengar samar-samar di atas angin.

“Ini kejutan yang sangat bagus,” kata David Mimoun, profesor ilmu planet di Institut Supérieur de l’Aéronautique et de l’Espace (ISAE-SUPAERO) di Toulouse, Prancis, dan petugas ilmiah untuk mikrofon SuperCam Mars. “Kami menjalankan tes dan simulasi yang memberi tahu kami bahwa mikrofon hampir tidak menangkap suara helikopter, karena atmosfer Mars sangat menekan perambatan suara. Kami cukup beruntung bisa merekam helikopter pada jarak ini. Rekaman ini akan menjadi tambang emas bagi pemahaman kami tentang suasana Mars. “

READ  Puing-puing yang jatuh dari rudal Tiongkok bergegas kembali ke Bumi - para ilmuwan tidak yakin di mana ia mendarat

Para ilmuwan telah membuat suara, yang direkam mono, lebih mudah didengar dengan mengisolasi suara bilah helikopter pada 84 Hz, mengurangi frekuensi di bawah 80 Hz dan lebih dari 90 Hz, dan meningkatkan ukuran sinyal yang tersisa. Beberapa frekuensi telah dipangkas untuk mengeluarkan suara helikopter, yang paling keras saat helikopter melewati bidang pandang kamera.

“Ini adalah contoh bagaimana kit muatan yang berbeda berintegrasi satu sama lain, menghasilkan informasi yang sinergis,” kata Surin Madsen, direktur pengembangan muatan persisten di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan. Jet Propulsion Lab membangun ketekunan, kreativitas, dan keduanya. “Dalam kasus khusus ini, mikrofon dan video memungkinkan kami untuk memantau helikopter seolah-olah kami ada di sana, dan informasi tambahan, seperti shift Doppler, menegaskan detail jalur penerbangan.”

Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico memimpin SuperCam, tempat modul badan perangkat dikembangkan. Bagian instrumen ini mencakup beberapa spektrometer, elektronik kontrol, dan perangkat lunak. Unit tiang, termasuk mikrofon, dikembangkan dan dibangun oleh berbagai laboratorium CNRS (Pusat Penelitian Prancis), ISAE-Supaéro, dan universitas Prancis di bawah otoritas kontrak Pusat Studi Antariksa Nasional (Badan Antariksa Prancis). Target kalibrasi disediakan di atap oleh University of Valladolid, Spanyol.

Arizona State University memimpin operasi Mastcam-Z, dan bekerja sama dengan Malin Space Science Systems di San Diego. Tim Mastcam-Z terdiri dari lusinan ilmuwan, insinyur, spesialis operasi, manajer, dan siswa dari berbagai organisasi.

Lebih lanjut tentang kreativitas

Helikopter Ingenuity Mars dibangun oleh JPL Jet Propulsion Laboratory, yang juga mengelola proyek demonstrasi teknologi untuk markas besar NASA. Ini didukung oleh Departemen Sains dan Riset NASA dalam Teknologi Penerbangan dan Antariksa. Pusat Penelitian Ames NASA di Silicon Valley, California, dan Pusat Penelitian Langley NASA di Hampton, Virginia, memberikan analisis kritis terhadap kinerja penerbangan dan bantuan teknis selama pengembangan Ingenuity. AeroVironment Inc. Qualcomm dan SolAero juga merupakan bantuan desain dan komponen kendaraan utama. Lockheed Martin Space dirancang dan diproduksi Sistem pengiriman helikopter Mars.

READ  Untuk menjadi ratu, semut-semut ini bertarung - lalu mereka mengecilkan otaknya

Untuk informasi lebih lanjut tentang kreativitas:

https://go.nasa.gov/ingenuity-press-kit

Dan

https://mars.nasa.gov/technology/helicopter

Lebih lanjut tentang ketekunan

Tujuan utama misi Mars adalah untuk Astrobiologi, Termasuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba. Kendaraan geologis akan membedakan planet dan iklim sebelumnya, dan membuka jalan bagi eksplorasi manusia di planet merah, dan misi pertama adalah mengumpulkan dan menyimpan batuan Mars dan regolith (pecahan batu dan debu).

Misi NASA selanjutnya, bekerja sama dengan European Space Agency (ESA), akan mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars untuk mengumpulkan sampel yang disegel permukaan ini dan mengembalikannya ke Bumi untuk analisis mendalam.

Misi Mars 2020 Perseverance adalah bagian dari pendekatan eksplorasi bulan NASA ke Mars, yang meliputi Artemis Misi ke Bulan akan membantu mempersiapkan eksplorasi manusia di planet merah.

Laboratorium Propulsi Jet, yang dioperasikan oleh Institut Teknologi California dan dikelola oleh NASA di Pasadena, California, membangun dan mengelola operasi penjelajah.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ketekunan:

mars.nasa.gov/mars2020/

Dan

nasa.gov/perseverance

Karen Fox / Alana Johnson
Markas Besar NASA, Washington
301-286-6284 / 202-358-1501
[email protected] / [email protected]

Andrew Judd
Laboratorium Propulsi Jet, Pasadena, California.
818-393-2433
[email protected]