BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kim Jong Un ingin menjadikan Korea Utara kekuatan nuklir terbesar di dunia | Luar negeri

Kim Jong Un ingin membangun fasilitas nuklir terbesar di dunia di Korea Utara. Pemimpin membuat pernyataan hari Minggu saat berkunjung ke lokasi uji coba rudal Hwasong-17, rudal balistik antarbenua terbesar Korea Utara, menurut media pemerintah.

Di lokasi uji coba Hwasong-17, Kim Jong-un dikatakan telah mempromosikan puluhan perwira militer atas upaya mereka terkait peluncuran rudal baru-baru ini. Dia menyebut rudal Hwasong-17 “senjata strategis paling kuat di dunia” dan mengatakan rudal itu menunjukkan bahwa Korea Utara inovatif dan pada akhirnya akan mampu menciptakan tentara paling kuat di dunia.

Selama kunjungan, yang mencakup pemotretan ekstensif dengan para ilmuwan, personel militer, dan peserta lainnya, pemimpin negara itu mengatakan para ilmuwan Korea Utara telah “membuat kemajuan luar biasa dalam mengembangkan teknologi untuk meluncurkan hulu ledak nuklir pada rudal balistik.” . Dia tidak merinci teknologi ini atau rencana lain.

Peluncuran Hwasong-17 awal bulan ini memicu pertemuan puncak antara para pemimpin Australia, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Korea Selatan pada konferensi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok. Menurut pengamat Korea Selatan, rudal itu bisa mencapai New York dan Washington.

READ  Untuk keempat kalinya sejak awal tahun: Korea Utara menembakkan proyektil lagi