BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kolom 25 tahun Vf : Penciptaan ruang

Majalah kami telah ada selama 25 tahun. Ini untuk menciptakan ruang bagi artikel tentang industri penggalangan dana. Jurnal ini akan berkontribusi pada profesionalisme profesi. Seperti di AS, perilaku etis akan menjadi bagian penting dari profesi tersebut. Yang terpenting, hadiah dengan niat baik harus dibelanjakan secara efisien dan efektif.

Serangan di Menara Kembar pada 11 September 2001 memicu kemarahan yang meluas. Pengalaman menunjukkan bahwa kemarahan biasanya menimbulkan perasaan dendam. Namun, dalam keadaan luar biasa, orang biasa, biasanya pengamat, tidak mengangkat senjata untuk membalas dendam, tetapi membuka hati. Mereka prihatin dengan para korban, tetapi lebih pada nasib para pekerja bantuan yang berani. Tanggapannya luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lebih dari 58 persen orang Amerika menyumbang. Dua bulan kemudian, $ 1,1 miliar telah diterima. Kedua dana besar enggan menerima uang untuk tujuan ini. Evaluasi dari tindakan ini masih layak dibaca. Sumbangan dimulai hampir secara spontan. Namun, pengeluaran ini menyebabkan ketidaksepakatan besar dan banyak tuntutan hukum. Memberi dengan niat baik juga membutuhkan struktur yang baik. Seharusnya tidak dibiarkan begitu saja. Donor yang baik berhak atas pengeluaran yang transparan atas donasi mereka.

Bencana tsunami 2013 memiliki efek serupa. Skalanya tak tertandingi, kerusakannya sangat besar. Aceh di Indonesia, pantai barat Thailand, Maladewa, dan pantai timur Sri Lanka sangat terpengaruh. Untuk pertama kalinya, orang-orang di seluruh dunia merasakan dampaknya: banyak orang kehilangan orang yang mereka cintai atau mengenal orang-orang di daerah ini dari liburan mereka. Gambar-gambar itu mendominasi berita selama berhari-hari. Ini dilihat oleh tamu Thailand dan Sri Lanka dari negara lain di dunia. Semua ini membuat bencana dan tindakan selanjutnya menjadi unik. Tidak ada jumlah uang yang telah disumbangkan secara global sejak bencana ini. Itu sama di negara kita. Kampanye publik mengumpulkan 208,3 juta euro. Saudara laki-laki saya secara khusus dipekerjakan oleh ICCO / Kerk di Acti untuk menangani pertanggungjawaban administrasi. Dia mengerjakannya sampai kematiannya yang mendadak pada tahun 2018.

READ  Orang yang brutal, jahat, dan kejam di 'The Story of the Netherlands'

Industri kami terus belajar dari pengalamannya dan menerapkan pelajaran yang didapat. Itu dimulai dengan kepercayaan pada niat baik pemberi. Namun saat ini pemerintah sepertinya ingin membatasi ruang gerak penggalangan dana. Suatu kebanggaan bagi pemerintah kita jika gagasan ‘memberi ruang’, kesepakatan yang dibuat pemerintah dengan departemen kita pada tahun 2011, dapat dilaksanakan dengan baik.

Idenya adalah bahwa pemerintah dapat membuat perjanjian dengan sektor yang dapat membawa masalah masyarakat kita lebih dekat ke solusi melalui upaya bersama. Gagasan seperti itu sudah digunakan setelah banjir pada tahun 1953, di mana pemberian yang baik dari orang biasa dihabiskan untuk barang-barang rumah tangga. Pemerintah akan melindungi warga dari bencana baru. Saat itu, Inggris mencatat bahwa APBN tidak bersifat editorial. Itu harus diperhatikan: tugas untuk Perdana Menteri. Perdana menteri Belanda mana yang akan melakukan itu?

Kolom ini sebelumnya diterbitkan dalam Vakblad Fundraising edisi Februari 2023, Volume 25, Nomor 1.