BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belanda yang gugur dalam Perang Laut Jawa diperingati di Indonesia

Belanda yang gugur dalam Perang Laut Jawa diperingati di Indonesia

Peringatan di Makam Militer Belanda di Surabaya

berita NOS

Peringatan ke-81 Pertempuran Laut Jawa berlangsung di Surabaya, Indonesia. Dalam pertempuran laut tahun 1942, lebih dari sembilan puluh tentara Belanda tewas. Kerabat mengenang tentara yang tewas di pemakaman militer Belanda Ereveld dan meletakkan karangan bunga di sana.

Pada tahun 1942 kapal Belanda, Amerika, Australia dan Inggris pergi ke Laut Jawa untuk mencegat pasukan Jepang dalam perjalanan ke Jawa. Karel Dorman bertanggung jawab atas kapal Sekutu. Sebagai penjajah, Belanda menguasai gugusan pulau Indonesia yang saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda.

Pertempuran laut tiga hari berakhir dengan kekalahan telak bagi Sekutu. Jepang memiliki lebih banyak kapal dan keunggulan udara. 2300 orang tewas di pihak Sekutu, sepuluh tentara tewas di pihak Jepang.

  • AFP

    Kerabat memberi penghormatan kepada tentara yang meninggal hari ini
  • AFP

    Makam Militer Belanda di Surabaya

Setelah pertempuran laut, Hindia Belanda diduduki oleh Jepang dan Belanda ditahan di kamp interniran, juga dikenal sebagai kamp Jepang. Tahanan perang juga dipaksa melakukan kerja paksa di Kereta Api Burma.

Jepang telah menaklukkan sebagian Asia. Belanda berencana menaklukkan Hindia Timur karena bahan mentah. Pada bulan Desember 1941, sehari setelah Jepang menyerang Amerika Serikat di pangkalan angkatan laut Pearl Harbor, Belanda menyatakan perang terhadap Jepang.

READ  Sari Buttick yang baru di Swansea: 'Sungguh istimewa kami melakukan ini sebagai saudara perempuan'