BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komentar | Rencana Marshall itu bodoh | Radio Berita PNR

Tentang bab

Bagi Kanselir Jerman Olaf Schulz, tuan rumah Konferensi Berlin tentang Rekonstruksi Ukraina, itu adalah pendahulu dari ‘Rencana Marshall baru’. Itu terdengar bermaksud baik. Tapi perbandingan dengan bantuan Marshall tidak masuk akal, kecuali bahwa Ukraina membutuhkan miliaran untuk rekonstruksi.

Marshall Plan yang berlangsung dari tahun 1948 hingga akhir tahun 1952 merupakan pemberian dari satu negara, Amerika Serikat, kepada 16 negara Eropa yang terkena dampak Perang Dunia II, termasuk Belanda. Rencana penyelamatan untuk Ukraina adalah paket sekitar tiga puluh negara untuk memberikan bantuan kepada satu negara. Dia Rencana Marshall Bukan pinjaman, bukan pinjaman subordinasi, bukan uang muka – ini adalah hadiah. Tapi secara strategis dipikirkan dengan sangat baik, dan dalam beberapa hal sangat rumit. Tujuan politiknya adalah untuk menciptakan sekelompok negara Barat yang makmur yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap Uni Soviet. Perang Dingin sudah berkecamuk, dan inilah makna ekonomi dari segala sesuatu di sebelah barat Tirai Besi.

Dengan demikian, tersembunyi dalam kode, CIA memiliki lima persen dari total untuk membangun pos mata-mata di Eropa. CIA mendanai gerakan anti-komunis tentara perlawanan sayaDi Ukraina, sebuah negara Soviet sampai tahun 1953, pertama-tama berperang melawan Hitler dan kemudian melawan Stalin.

Jerman adalah penghasut kejahatan, tetapi setelah perang itu adalah negara Eropa yang paling penting sebagai penyangga industri Amerika dan dalam Perang Dingin, dan menerima banyak bantuan. Inggris, Prancis, dan Italia adalah yang terdepan lainnya. Belanda menerima Bantuan Marshall untuk negaranya sendiri, tetapi juga pedas Hindia BelandaPadahal saat itu sudah Indonesia.

Bantuan Marshall bukanlah filantropi. Alasan ekonomi adalah bahwa pemulihan yang lebih cepat di Eropa akan mengarah pada ekonomi yang lebih sehat dan dengan demikian hubungan perdagangan yang lebih baik dengan AS. Ketergantungan yang dihasilkan pada AS juga berlabuh di NATO yang diciptakan bersama.

READ  Siapa yang membayar RUU Pelestarian Alam?

Singkatnya: Anda harus memiliki banyak imajinasi untuk membandingkan pembangunan Ukraina dengan Marshall Plan. Kecuali mungkin untuk satu hal: Ukraina, yang dibantu sepenuhnya oleh upaya Barat, adalah penyangga yang baik terhadap Rusia, yang menunjukkan sifat aslinya.