BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kony incar posisi 30 besar Indonesia untuk Olimpiade 2024

TEMPO.CO, JakartaPresiden Dewan Olahraga Nasional (KONI) Marciano Norman menargetkan Indonesia bisa menembus 30 besar Olimpiade 2024 di Paris dengan didukung medali dari empat cabang olahraga unggulan.

Cabor unggulan seperti bulu tangkis, angkat besi, panahan, dan menembak diharapkan bisa menyumbang medali agar Indonesia bisa masuk 30 besar, kata Marciano usai pembukaan Komite Kony Papua Barat di Manokwari, Kamis, 23 Februari.

Ia mengatakan, Indonesia menduduki peringkat 50-an berdasarkan hasil Olimpiade Tokyo, sehingga kerja keras dan penuh pertimbangan sangat penting untuk menaikkan peringkat tersebut.

“Jika kita masuk 30 besar, kita berharap bisa masuk 10 besar di Olimpiade 2032, dan kemudian pada 2044 kita bisa finis di peringkat kelima dunia,” harapnya.

Tim purnawirawan ini juga mengatakan, cita-cita tersebut tidak mungkin tercapai tanpa dukungan atlet Papua dan peran serta KONI daerah untuk melakukan latihan yang berkualitas.

Oleh karena itu, Kony harus serius mencari atlet-atlet terbaik untuk dilatih dan mengantarkannya menjadi juara, tegas Marciano.

Seperti diketahui, sejumlah atlet nasional dari cabang olahraga angkat besi dan atletik mayoritas merupakan atlet Papua Barat.

Ia menambahkan, PON di Aceh dan Sumut juga bisa dijadikan ajang bagi para atlet seluruh nusantara untuk bertanding sebelum menuju ke event yang lebih tinggi seperti SEA Games dan Olimpiade.

“Daerah harus mempersiapkan diri menghadapi Rencana Aksi 2024 di Aceh dan Sumut. PON mendatang juga akan menjadi yang pertama yang diikuti 48 provinsi di Indonesia,” kata Marciano.

Nour El-Din Saleh

Pilihan Editor: Mengumumkan jadwal Olimpiade Paris 2024

Klik di sini untuk mendapatkan Update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Pasca tragedi Stadion Kanjurohan di Indonesia, drama tentang suporter Arima FC