The news is by your side.

Kopi Campur Mentega, Adakah Manfaatnya Bagi Tubuh?

3

Oleh: Anis Tri K   |   

Balicitizen.com, Jakarta

Tren diet rendah karbohidrat telah menciptakan permintaan akan produk makanan dan minuman rendah lemak, rendah karbohidrat, salah satunya adalah kopi mentega.

Produk kopi mentega sangat populer di kalangan penggemar diet rendah karbohidrat dan paleo. Namun, masih banyak yang menyangsikan manfaat kesehatannya.

Apa itu kopi mentega? Dan apakah meminumnya dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda? Berikut ulasannya seperti yang diberitakan oleh Healthline, Rabu (13/11).

Dalam bentuknya yang paling sederhana dan paling tradisional, kopi mentega hanya kopi seduh yang dikombinasikan dengan mentega.

Meskipun banyak orang percaya bahwa kopi mentega adalah ramuan modern, minuman berlemak tinggi ini telah dikonsumsi sepanjang sejarah.

Banyak budaya dan komunitas, termasuk Sherpa di Himalaya dan Gurage di Ethiopia, telah minum kopi mentega dan teh mentega selama berabad-abad.

Beberapa orang yang tinggal di daerah dataran tinggi menambahkan mentega ke kopi atau teh untuk energi yang sangat dibutuhkan, karena tinggal dan bekerja di daerah dataran tinggi meningkatkan kebutuhan kalori mereka.

Selain itu, orang-orang di daerah Himalaya di Nepal dan India, serta daerah-daerah tertentu di Cina, biasanya minum teh yang dibuat dengan mentega. Di Tibet, teh mentega, atau po cha , adalah minuman tradisional yang dikonsumsi setiap hari.

Saat ini, terutama di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada, kopi mentega biasanya mengacu pada kopi yang mengandung mentega dan kelapa atau minyak MCT. MCT adalah singkatan dari medium-chain triglyceride  atau trigliserida rantai menengah, sejenis lemak yang umumnya berasal dari minyak kelapa.

Kopi antipeluru adalah resep bermerek dagang yang dibuat oleh Dave Asprey yang terdiri dari kopi, mentega yang diberi makan rumput, dan minyak MCT. Ini disukai oleh penggemar diet rendah karbohidrat dan konon untuk meningkatkan energi dan mengurangi nafsu makan.

Saat ini, orang-orang mengkonsumsi kopi mentega, termasuk kopi Bulletproof, karena berbagai alasan, seperti untuk meningkatkan berat badan dan mempromosikan ketosis – suatu keadaan metabolisme di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama.

Anda bisa menyiapkan kopi mentega dengan mudah di rumah. Atau, Anda dapat membeli produk kopi mentega premade, termasuk kopi antipeluru, di toko grosir atau online.

Manfaat Kesehatan
Internet penuh dengan bukti anekdotal yang mengklaim bahwa minum kopi mentega meningkatkan energi, meningkatkan fokus, dan mempromosikan penurunan berat badan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang didukung ilmu pengetahuan terkait dengan bahan-bahan individual yang biasanya digunakan untuk membuat kopi mentega:

– Kopi. Dikemas dengan antioksidan yang meningkatkan kesehatan seperti asam klorogenat, kopi dapat meningkatkan energi, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan pembakaran lemak, dan bahkan mengurangi risiko penyakit tertentu.

– Mentega yang diberi makan rumput. Mentega yang diberi makan rumput mengandung antioksidan kuat dalam jumlah yang lebih tinggi, termasuk beta karoten, serta asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang lebih tinggi daripada mentega biasa.

– Minyak kelapa atau minyak MCT. Minyak kelapa adalah lemak sehat yang dapat meningkatkan kolesterol HDL yang melindungi jantung dan mengurangi peradangan. Minyak MCT telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan kolesterol dalam beberapa penelitian.

Meskipun jelas bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kopi mentega menawarkan berbagai manfaat kesehatan, tidak ada penelitian yang menyelidiki manfaat yang konon menggabungkan bahan-bahan ini.

Kenyang Lebih Lama
Menambahkan mentega , minyak MCT, atau minyak kelapa ke kopi Anda akan membuatnya lebih kenyang. Namun, beberapa minuman kopi mentega dapat mengandung lebih dari 450 kalori per cangkir.

Ini bagus jika secangkir kopi mentega menggantikan makanan seperti sarapan, tetapi menambahkan minuman berkalori tinggi ini ke sarapan normal Anda dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika kalori tidak diperhitungkan.

Sementara masing-masing komponen kopi mentega menawarkan berbagai manfaat kesehatan, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa menggabungkan mereka menjadi satu minuman menawarkan manfaat di luar yang terkait dengan mengkonsumsinya secara terpisah sepanjang hari.

Meskipun penggemar kopi mentega dapat merekomendasikan minum kopi mentega sebagai pengganti makanan, memilih makanan yang lebih bergizi dan padat adalah pilihan yang lebih sehat, terlepas dari pola diet apa yang Anda ikuti. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
3 Comments
  1. asmiranda says

    mau jadi jutawan mendadak dengan hanya hitungan menit ajaa…. segera dech kunjungi dupa88 ,semua akan terbukti..

  2. sukiyaki says

    dengan modal kecil bisa jadi jutawan dengan hitungan menit ajaaa…? dimana lagi kalo bukan di qqharian,info ,silahkan bagi yang penasaran ajaa…

  3. Marcella says

    ⁣mau main game yg menghasilkan duit ?? ayo kunjungi qqharian.info ada bonus cashback 100% ada extra bonus 200% dan ada bonus tambahan 5% yg bisa di claim setiap kali deposit ayo tunggu apa lagi kunjungi qqharian.info anda menang kami bayar , anda kalah kami ganti code referal 2419ed2e

Leave A Reply

Your email address will not be published.