BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korban tewas meningkat di pabrik nikel Indonesia, protes para pekerja

Korban tewas meningkat di pabrik nikel Indonesia, protes para pekerja

Korban ledakan di RSUD Morowali

berita NOS

Korban tewas akibat ledakan pabrik nikel di Indonesia bertambah menjadi delapan belas orang. Delapan warga negara Tiongkok termasuk di antara korban tewas, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Ledakan dahsyat terjadi di pabrik pengolahan nikel di Pulau Sulawesi akhir pekan ini. Puluhan orang terluka.

Ledakan ini terjadi di pabrik sebuah perusahaan China. Selama pekerjaan perbaikan, salah satu tungku tempat peleburan logam meledak. Penyebabnya masih dalam penyelidikan. Pekerjaan di pabrik telah dihentikan atas perintah polisi sampai penyelidikan selesai.

Perjuangan damai

Sekitar 300 karyawan melakukan protes hari ini dan menuntut kondisi kerja yang aman. Protes damai terjadi ketika perwakilan karyawan mengadakan pembicaraan dengan otoritas pabrik. “Permintaan utama kami adalah agar perusahaan mematuhi Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja,” kata pemimpin serikat pekerja.

Serikat pekerja telah memperingatkan bahwa jika tuntutan ini tidak dipenuhi dalam waktu 3 hari, maka akan dilakukan pemogokan.

kaca pembesar

Ini bukan pertama kalinya terjadi masalah di pabrik. Kecelakaan mengerikan terjadi musim panas ini. Seorang karyawan tewas dan enam lainnya luka-luka dalam kebakaran tersebut.

Di Indonesia, keamanan kerja menjadi sorotan di banyak pabrik milik Tiongkok. Dua pekerja tewas di kompleks pabrik yang sama dengan pabrik tempat ledakan terjadi awal tahun ini. Demonstrasi menuntut tempat kerja yang lebih aman kemudian berubah menjadi kerusuhan.

Video dari tahun lalu ini menunjukkan besarnya skala kompleks industri:

Tambang nikel terbesar di Sulawesi

READ  Dokumenter tentang Adrian van Dys Goyan Verbrock - The Desperate Believer