BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mahasiswa Indonesia menyerang kamp pengungsi Rohingya

Mahasiswa Indonesia menyerang kamp pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya di Indonesia (Gambar: Wikimedia Commons)

Sekelompok mahasiswa Indonesia mendirikan kamp pengungsi di Aceh kemarin terserangPengungsi Rohingya diberikan akomodasi sementara di sana.

Para mahasiswa tersebut mengenakan jaket berlogo berbagai universitas di Indonesia. Rekaman menunjukkan beberapa pengungsi dibawa keluar dan dimasukkan ke dalam truk. Beberapa pengungsi membawa kantong plastik.

137 warga Rohingya ditampung di sebuah aula oleh pemerintah setempat. Mahasiswa menuntut deportasi pengungsi dari Indonesia. Mereka meneriakkan 'Keluarkan mereka', 'Hancurkan Rohingya di Aceh'.

Menurut badan pengungsi PBB UNHCR, serangan itu adalah hasil dari kampanye kebencian online terhadap pengungsi berdasarkan berita palsu. UNHCR mengecam insiden yang membuat para pengungsi “terkejut” dan “terkejut”.

Pengungsi Rohingya adalah Muslim dan berasal dari Myanmar, melarikan diri dari genosida. Mereka berharap menemukan tempat berlindung yang aman di Indonesia yang Islam, namun tidak semua masyarakat Indonesia tidak menyukai Rohingya. Sejak bulan November, sekitar 1.500 orang Rohingya telah tiba di Aceh, bagian utara Sumatera, yang menyebabkan meningkatnya permusuhan terhadap komunitas pengungsi.

Menurut Presiden Indonesia Joko Widodo, banyak pengungsi Rohingya baru yang datang akibat perdagangan manusia. Namun Presiden berjanji akan menyediakan akomodasi sementara kepada mereka melalui kerja sama dengan organisasi internasional. Indonesia menjadi tuan rumah Konvensi Pengungsi PBB Tidak disetujuiBerbeda dengan Belanda.

READ  Overzicht wereldmarkt knoflook