BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korea Utara meluncurkan rudal balistik dari kapal selam

Kantor berita resmi Korea Utara melaporkan bahwa Korea Utara telah meluncurkan “rudal balistik tipe baru.” Rudal itu lepas landas dari kapal selam dan jatuh ke laut. Kantor Berita Pusat Korea berbicara tentang “ujian yang berhasil”.

Peluncuran itu, menurut negara tetangga Korea Selatan, berlangsung di pelabuhan Sinpo di timur Korea Utara, tempat kapal selam ditempatkan. Media Korea Selatan melaporkan bahwa rudal tersebut menempuh jarak 450 kilometer dan mencapai ketinggian sekitar 60 kilometer sebelum menghantam Laut Jepang.

Korea Utara telah mengembangkan rudal balistik bawah air selama beberapa waktu. Negara ini juga melakukan tes dengan senjata tersebut pada tahun 2016 dan 2019. Peluncuran yang sukses dari kapal selam berarti Korea Utara mampu menyerang target di lebih banyak tempat di seluruh dunia.

ancaman yang lebih besar

Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal dalam beberapa pekan terakhir, yang diklaimnya termasuk senjata jarak jauh dan hipersonik. Dengan melakukan itu, negara itu melanggar embargo PBB atas uji coba rudal balistik dan senjata nuklir.

PBB menganggap rudal balistik sebagai ancaman yang lebih besar daripada rudal jelajah karena dapat membawa muatan yang lebih kuat, memiliki jangkauan yang lebih jauh dan dapat terbang lebih cepat daripada rudal jelajah.

READ  Mantan pemimpin Georgia Saakashvili striker kelaparan 'dalam bahaya maut' | Luar negeri