BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kosovo: Mencabut gugatan aktivis lingkungan memenangkan kebebasan berekspresi

Perusahaan Austria Kelkos Energy telah mencabut gugatan pencemaran nama baik terhadap aktivis lingkungan Kosovo Shpresa Loshaj dan Adriatik Gacaferi. Aktivis telah menyatakan keprihatinan tentang dampak lingkungan dari pembangkit listrik tenaga air perusahaan di kawasan lindung. Amnesty International melihat pencabutan tuntutan hukum sebagai kemenangan kebebasan berekspresi.

Menurut Amnesty International, Kelkos Energy menggunakan tuntutan hukum untuk mengintimidasi dan membungkam para aktivis sehingga mereka tidak lagi berbicara tentang potensi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh eksploitasi perusahaan terhadap sumber daya alam Kosovo.

Pemerintah dan perusahaan menyalahgunakan tuntutan hukum

Pemerintah dan perusahaan semakin sering menggunakan tuntutan hukum Strategic Against Public Participation (SLAPPs) terhadap pembela hak asasi manusia dan jurnalis yang melaporkan pelanggaran oleh mereka yang berkuasa. SLAPP dikatakan untuk melindungi reputasi individu atau perusahaan, tetapi pada kenyataannya mereka digunakan untuk mengintimidasi dan melelahkan aktivis secara fisik, finansial, dan psikologis. Ini melemahkan hak atas kebebasan berekspresi.

Perusahaan tidak boleh menyalahgunakan sistem hukum untuk membungkam kritik. Pihak berwenang Kosovo perlu lebih melibatkan aktivis dan komunitas lokal pada isu-isu yang berdampak signifikan pada kehidupan mereka. Mereka harus menerima informasi yang baik dan dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Mereka juga harus bisa mengajukan pertanyaan kritis tanpa takut akan pembalasan.

UE mengadopsi hukum melawan tuntutan hukum

Amnesty menantikan Uni Eropa, yang bekerja untuk mengembangkan undang-undang anti-Selassia. Komisi Eropa mempercepat langkahnya untuk mengadopsi undang-undang baru, dan Parlemen Eropa akan kembali menyerukan arahan anti-SLAPP yang kuat bulan depan.

Meskipun Kosovo bukan anggota Uni Eropa, undang-undang Uni Eropa akan menetapkan standar penting bagi negara anggota dan negara yang ingin bergabung. Ini juga akan menjadi sinyal penting bagi bisnis di seluruh dunia bahwa menyerang suara-suara kritis tidak lagi diizinkan.

READ  Puluhan tewas akibat badai di Indonesia: banyak orang masih terkubur di bawah lumpur | luar negeri