BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kritik dan pendukung keluar keras untuk membahas rencana SpaceX untuk diluncurkan dari Texas Selatan

Minggu ini, campuran yang hidup dari pendukung dan kritikus menyuarakan pendapat mereka tentang peluncuran SpaceX di Boca Chica, Texas selama balai kota virtual — masukan yang akan dipertimbangkan ketika pemerintah memutuskan masa depan perusahaan di negara bagian. Lebih dari seratus orang meluangkan waktu untuk menyampaikan pemikiran mereka selama pertemuan pada hari Senin dan Rabu, dengan pendapat mulai dari pujian yang berlebihan untuk perusahaan hingga kekhawatiran tentang dampak SpaceX terhadap komunitas dan lingkungan di kawasan itu.

Itu adalah balai kota yang panjang Diselenggarakan oleh Administrasi Penerbangan Federal, yang saat ini sedang mengevaluasi apakah akan memberikan SpaceX lisensi untuk meluncurkan roket Starship baru yang masif dari Boca Chica. SpaceX telah membangun dan menguji prototipe Starship di fasilitas peluncurannya di Boca Chica selama empat tahun terakhir, tetapi perusahaan menginginkan izin untuk meluncurkan pesawat ke orbit dari daerah tersebut. Operasi tersebut memerlukan otorisasi dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk memastikan bahwa peluncuran orbital tidak akan membahayakan orang atau properti di dekatnya.

Sebagai bagian dari proses perizinan, FAA melakukan tinjauan lingkungan untuk menilai jenis dampak peluncuran SpaceX di wilayah tersebut. Badan tersebut merilis temuannya dalam apa yang dikenal sebagai Proyek Penilaian Lingkungan Terprogramatau PEA, di bulan September. Rilis ini memicu awal periode komentar yang telah diperpanjang hingga 1 November, di mana anggota masyarakat dapat berbagi pemikiran mereka tentang PEA dan mengemukakan masalah potensial yang mungkin terlewatkan oleh FAA. Sementara FAA menerima komentar secara tertulis, FAA juga menjadi tuan rumah balai kota minggu ini sehingga orang dapat memberikan pendapat mereka secara lisan.

Penggemar SpaceX menghadiri pertemuan untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap upaya perusahaan. Tema umum di antara para pendukung adalah bahwa sementara mereka tidak tinggal di Texas atau dekat Boca Chica, mereka ingin melihat SpaceX terus beroperasi dan lepas landas dari daerah tersebut.

READ  Bagaimana seorang guru yang tidak divaksinasi menginfeksi 26 lebih banyak dengan COVID-19

“Saya tidak tinggal di dekat Texas, saya tidak tertarik dengan ini sekarang,” kata seorang komentator. “Tapi saya hanya akan mengatakan SpaceX melakukan pekerjaan yang hebat di Texas, dan saya ingin melihat proses itu bergerak sedikit lebih cepat.”

Presentasi situs peluncuran yang diusulkan disajikan selama pertemuan FAA.
Foto: FAA/SpaceX

Komentator lain berkata, “Saya berbasis di Georgia dan tidak mewakili organisasi atau kelompok minat khusus mana pun.” “Saya berbicara atas nama kemampuan saya sendiri sebagai pendukung setia SpaceX dan pendukung proyek manusia untuk mendorong batas kemanusiaan melampaui Bumi.”

Beberapa penggemar perusahaan berpendapat bahwa SpaceX membawa pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi ke Brownsville, kota di sebelah Boca Chica, tetapi sebagian besar telah berbicara tentang inspirasi dan kepercayaan mereka pada perusahaan. Pekerjaan Starship harus berlanjut sampai umat manusia dapat menjadi “spesies multi-planet” – istilah umum yang digunakan oleh CEO SpaceX Elon Musk. Sistem Starship SpaceX belum membawa penumpang atau mencapai orbit, tetapi perusahaan berharap untuk membawa orang-orang di pesawat ke Mars suatu hari nanti. SpaceX juga memiliki kontrak dengan NASA Untuk mengembangkan Starship sebagai pendarat bulan yang dapat mengangkut astronot ke permukaan bulan.

Beberapa yang mengidentifikasi diri mereka sebagai penduduk daerah itu juga menyatakan dukungan mereka. “Aku mencintaimu SpaceX dan aku mencintaimu Elon Musk juga,” salah satu orang yang baru saja pindah ke daerah itu mengatakan dalam pernyataannya. Wanita lain yang tinggal di daerah itu mencatat bahwa dia “perlahan tapi pasti menyaksikan roket naik dari bukit pasir di pantai dan itu adalah suatu kehormatan dan hak istimewa untuk dapat melihat sesuatu yang ajaib diciptakan dari dunia ini.”

Namun, banyak warga sekitar yang menentang keras rencana SpaceX. Keluhan umum berkisar pada akses ke pantai terdekat. Jalan di Boca Chica sering ditutup untuk mengakomodasi pengujian besar dan operasi pengujian. “Mereka tidak memikirkan kita,” kata seorang warga. “Pengalaman pribadi saya, saya harus pergi ke pantai dan jalan selalu ditutup, karena mereka berjanji kami tidak akan terpengaruh.”

Yang lain mencela puing-puing yang jatuh ke tanah selama kegagalan tes besar. Satu uji peluncuran di bulan Maret Itu meledak, menyemprotkan bagian logam dan bagian rudal Melintasi medan di sekitar lokasi peluncuran Boca Chica. Terlepas dari itu, kebisingan dan gerutuan dari tes peluncuran yang sukses adalah titik pertengkaran besar.

“Dengan roket yang lebih kecil ini, saya tidak tahu bagaimana Anda dapat mengatakan bahwa kebisingan dapat diterima atau getaran dapat diterima,” kata seorang warga. “Rumah saya bergetar dengan roket-roket kecil, dan roket itu tampaknya datang tepat di atas kepala saya. Dan ketika mereka kehilangan roket-roket berat itu, Anda benar-benar melihat retakan dan masalah seismik tertentu yang harus dilakukan di Pulau Padre Selatan.”

Pendukung memiliki penjelasan sendiri untuk kebisingan yang intens. “Terkait dengan sonic boom dan noise yang ditimbulkan oleh operasi SpaceX, Anda harus menerima pertimbangan bahwa goyangan dada Anda adalah hal yang positif, karena operasi SpaceX tidak hanya menginspirasi banyak harapan di seluruh negeri ini dan dunia. [but are] “Dorong kemanusiaan di jalur aksi kolektif dan kemakmuran,” kata salah satu pendukung.

Para kritikus yang mewakili kelompok lingkungan telah bergabung dalam seruan untuk mengungkapkan keprihatinan mereka tentang konstruksi dan operasi SpaceX yang merugikan lahan basah di sekitarnya dan spesies yang terancam punah, termasuk burung yang disebut nesting plovers di wilayah tersebut. Yang lain juga khawatir tentang sifat misterius SpaceX berencana untuk membangun pabrik gas alam di daerah tersebut untuk menyediakan gas metana untuk roket; Tanpa rincian, mereka mengatakan efek tanaman sulit untuk dinilai. Sebagai tanggapan, para pendukung berpendapat bahwa Cape Canaveral, Florida – rumah bagi bandara luar angkasa tersibuk di Amerika Serikat – juga beroperasi di dekat suaka margasatwa.

Banyak kritikus menuntut agar FAA melakukan Pernyataan Dampak Lingkungan kedua, atau EIS, Itulah yang sudah dilakukan agensi untuk SpaceX’s Boca Chica pada tahun 2014. Namun, FAA melakukan tinjauan itu ketika SpaceX awalnya berencana untuk memindahkan roket Falcon 9 dan Falcon Heavy yang lebih kecil keluar dari wilayah tersebut, dengan hingga 12 peluncuran komersial yang direncanakan setiap tahun. Starship jauh lebih besar dari roket SpaceX lainnya dan masih dalam pengembangan bertahun-tahun ke depan. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan perusahaan berencana untuk menerbangkan Starship hingga 20 kali setahun selama tes penerbangan di tahun-tahun awal pengembangan.

FAA mengatakan akan menimbang semua komentar secara setara, termasuk yang disampaikan secara tertulis. Setelah semua komentar dievaluasi, FAA akan menanggapi dan memasukkannya sebelum menerbitkan PEA akhir beberapa saat setelah periode komentar ditutup pada 1 November. Agensi dapat mengeluarkan “Deteksi Dampak Tidak Signifikan,” atau FONSI, ke situs peluncuran SpaceX, sebelum melanjutkan proses otorisasi peluncuran. Atau FAA mungkin memutuskan untuk melakukan EIS lain, opsi yang tentunya akan memperpanjang rencana SpaceX untuk melakukan peluncuran orbital dari Boca Chica sesegera mungkin.