BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kyiv kembali berkuasa lagi.. Kherson habis setelah lima puluh peluru |  Perang di Ukraina

Kyiv kembali berkuasa lagi.. Kherson habis setelah lima puluh peluru | Perang di Ukraina


Pertama-tama Kyiv: Di sana pemerintah melaporkan pada hari Minggu bahwa jaringan listrik telah pulih hampir di semua tempat. Warga akan memiliki akses ke listrik, air dan pemanas lagi. Yang terakhir ini penting mengingat musim dingin yang keras di negara itu.

Walikota Vitali Klitschko mengatakan para teknisi melakukan perbaikan “dalam waktu singkat”. Di sisi lain, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky merasa pemulihan berjalan lambat.

Rusia telah mengganggu pasokan energi Ukraina selama berminggu-minggu. Kremlin berusaha untuk menjaga agar penduduk Ukraina tidak kedinginan dengan mematikan pemanas. Ini adalah saat suhu secara teratur di bawah titik beku. Oleh karena itu, pemerintah Zelensky mendirikan pusat pemanas di kota-kota sebagai tindakan pencegahan, di mana orang dapat mencari pemanas, air, dan listrik.

Kherson menembak 50 kali dalam satu hari

Meskipun demikian, pemerintah Ukraina meminta penduduk kota di garis depan untuk pergi. Menurut Zelensky, kota-kota dalam lebih aman, karena diharapkan tidak terlalu menjadi sasaran serangan udara Rusia.

Penghuni dapat secara sukarela mengosongkan. Tampaknya mendapatkan kekuatan di Kherson. Pasukan Ukraina merebut kembali kota itu dua minggu lalu, tetapi kembali dibombardir pada hari Minggu. Sebagai tanggapan, ratusan warga memutuskan untuk pergi.

Menurut gubernur regional di wilayah tersebut, Rusia telah meluncurkan setidaknya 50 peluru. Sedikitnya satu orang tewas dan dua lainnya luka-luka. Situasi di kawasan itu dikatakan “kritis” karena banyak jaringan listrik dan infrastruktur yang rusak. Hanya 5 persen populasi yang memiliki lampu di rumah. Rumah sakit sementara tanpa listrik.

Pertukaran tahanan baru selesai

Akhirnya, kedua pihak yang bertikai melakukan pertukaran tahanan lagi. 12 orang Ukraina dan sembilan tentara Rusia dibebaskan.

Kedua negara secara teratur bertukar tawanan perang. Awal pekan ini, total 100 narapidana ambil bagian. Pada awal November, tak kurang dari 214 tentara ditukar dalam satu kesepakatan. Dalam dua bulan terakhir, total sekitar lima ratus tentara berpartisipasi di dalamnya.

Eerder

READ  UE menjatuhkan sanksi pada manajer dan bank Rusia