BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

langsung | Orang Amerika meninggalkan lusinan mobil di bandara Kabul | Luar negeri

8.01 – Amerika Serikat membagikan foto prajurit terakhir yang meninggalkan Kabul

Militer AS telah merilis foto tentara AS terakhir yang meninggalkan ibu kota Afghanistan, Kabul. Ini Mayor Jenderal Chris Donahue.

Foto menunjukkan Donahoe di pesawat angkut C-17. “Tentara Amerika terakhir yang meninggalkan Afghanistan,” tulis komentar di akun Twitter Komando Pusat Angkatan Bersenjata.

Amerika Serikat menyelesaikan penarikannya dari Kabul pada Senin malam. Ini mengakhiri 20 tahun kehadiran militer Barat di negara di mana gerakan fundamentalis Taliban mengambil alih kekuasaan lebih dari dua minggu lalu.

7.01 – Taliban menyerukan penarikan AS sebagai kemenangan bagi semua warga Afghanistan

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengucapkan selamat kepada rakyat Afghanistan atas penarikan pasukan AS dari negara itu pada Selasa pagi. “Kemenangan ini untuk kita semua,” katanya pada konferensi pers di bandara di ibukota Afghanistan, Kabul. Mujahid menggambarkan imigrasi Amerika sebagai “pelajaran penting bagi pasukan penyerang lainnya” dan bagi dunia.

Seorang juru bicara Taliban berbicara beberapa jam setelah orang Amerika terakhir pergi. Dia menyatakan bahwa Afghanistan sekarang adalah “negara yang bebas dan berdaulat”. Kami ingin menjaga hubungan baik dengan Amerika Serikat dan dunia. Kami menyambut baik hubungan diplomatik dengan semua orang.”

Setelah Amerika pergi, para pejuang Taliban memasuki lapangan bandara. Mereka menembak ke udara untuk merayakan kemenangan mereka. Kaum fundamentalis telah meminta Turki, anggota NATO, untuk bantuan teknis untuk menjaga bandara penting tetap berjalan, tetapi mereka ingin melakukan keamanan sendiri.

Pihak berwenang Turki belum menyetujui proposal Taliban. Juga tidak jelas maskapai mana yang akan mengoperasikan penerbangan terjadwal ke Kabul sekarang setelah Taliban kembali berkuasa di sana.

READ  Pejuang perlawanan di Panjshir: Kami akan mempertahankan desa kami dari Taliban

6.35 – Orang Amerika meninggalkan lusinan kendaraan di bandara Kabul

Jenderal Kenneth Mackenzie.

Jenderal Kenneth Mackenzie.

Militer AS meninggalkan puluhan pesawat dan kendaraan di bandara Kabul saat berangkat. Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan setelah mengumumkan selesainya penarikan dari Afghanistan bahwa senjata anti-pesawat yang digunakan pada hari Senin untuk mengusir serangan rudal oleh Negara Islam telah ditinggalkan.

Menurut McKenzie, 73 pesawat dan helikopter, 27 Humvee dan sekitar 70 kendaraan tempur lapis baja terlibat, dengan biaya hingga $ 1 juta. Dia menekankan bahwa semua peralatan “dimiliterisasi” atau dinonaktifkan. “Tidak ada yang akan menggunakannya lagi,” kata sang jenderal.

Pesawat-pesawat itu sudah berada di bandara ketika Amerika memulai evakuasi dua minggu lalu dan sudah dinonaktifkan.

6.30 – Blinken: Babak baru dalam hubungan AS-Afghanistan

Menurut Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, Amerika Serikat telah “memulai babak baru” di Afghanistan. Beberapa jam setelah penarikan AS dari Afghanistan selesai pada Senin malam, Blinken mengatakan negaranya sekarang akan memimpin “misi diplomatik baru.”

Penarikan itu menandai berakhirnya 20 tahun kehadiran militer AS di Afghanistan.

Misi militer selesai. “Sebuah misi diplomatik baru telah dimulai. Dia tidak mengesampingkan kerja sama dengan pemerintah yang dipimpin Taliban di Kabul. Jika kita dapat bekerja dengan pemerintah Afghanistan yang baru dengan cara yang melindungi kepentingan nasional kita, maka kita akan melakukannya. “

Amerika Serikat tidak lagi memiliki kedutaan besar di Afghanistan. Hubungan diplomatik akan tetap terjaga dari KBRI Doha, Qatar.