BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebih dari dua pertiga perusahaan yang terdaftar memenuhi kuota wanita yang akan datang

Dengan semakin dekatnya pangsa perempuan, bagian direktur pengawas perempuan di perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Belanda semakin meningkat. Dari 89 perusahaan yang tercatat, 61 perusahaan memenuhi kuota yang diharapkan. Tahun lalu ada sepuluh lebih sedikit.

Hal ini dibuktikan dengan 2021 Women’s Board of Directors Index, yang diterbitkan setiap tahun oleh TIA College of Business and Society.

Pada awal tahun ini, DPR memberikan suara mendukung kuota wajib 30 persen untuk perempuan di dewan perusahaan, tetapi undang-undang tersebut belum diperdebatkan di Senat.

Dana Ekuitas Lebih Kecil

Di antara perusahaan AEX, hanya Just Eat Takeaway yang tidak sampai sejauh itu. Perusahaan ini memiliki tujuh direktur pengawas, dua di antaranya adalah wanita. “Ini sebenarnya sangat bagus,” kata Prof. Megenge Lokrath, seorang pemula di indeks. “Tapi tidak cukup untuk kuota maksimal.”

Indeks menunjukkan bahwa perusahaan kecil yang terdaftar pada khususnya tidak memenuhi persyaratan baru. Lückerath: “Ini adalah dana terdaftar yang lebih kecil, dan terkadang tidak aktif. Dengan demikian, saham resmi juga akan menarik dana yang lebih kecil ini. Pertanyaannya adalah apakah ini akan meningkatkan visibilitas keragaman di dewan atau apakah diperlukan lebih banyak perhatian untuk anggota dewan. Manajemen dalam Dana AEX dan AMX”.

nomor sasaran

Berbeda dengan bagian pengawas, proporsi perempuan di dewan telah meningkat dengan kecepatan yang jauh lebih rendah. Itu turun dari 12,4 persen menjadi 13,6 persen. Karena meski lima wanita masuk, tiga wanita juga pergi. Sementara itu, 14 orang datang.

Undang-undang baru tidak memasukkan kuota untuk perempuan di dewan direksi. “Sebelumnya, perusahaan juga harus menargetkan 30 persen perempuan di dewan direksi. Undang-undang baru mengatakan perusahaan harus menetapkan jumlah target sendiri. Ini juga bisa 20 persen atau bahkan 0 persen,” kata Lucerat. “Jadi kita harus hati-hati agar perhatian juga terus diberikan pada jumlah perempuan di dewan.”

READ  Spotted: Restoran Indonesia Baru di Jantung Zwolle

Di tiga perusahaan, separuh direktur dan direktur pengawas adalah perempuan: DSM, ASR, dan NRI. Sebuah perusahaan tidak memiliki direktur wanita atau supervisor wanita sama sekali: perusahaan Prancis Envipco.