BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ledakan supernova yang luar biasa besar dan kuat di luar angkasa ditemukan oleh para ilmuwan

Di luar angkasa, hal-hal sering terjadi dia pergi gelembung.

Dan baru-baru ini, pada 9 Oktober, para astronom melihat ledakan besar yang tidak biasa. Observatorium Swift NASA, yang dirancang khusus untuk mendeteksi ledakan paling kuat yang dikenal di alam semesta saat ini – yang disebut ledakan sinar gamma – mendeteksi ledakan yang sangat kuat. Sesuatu yang sangat kuat pasti menghasilkan pancaran energi yang melewatinya luar angkasaPara ilmuwan mengatakan mereka disebabkan oleh runtuhnya dan ledakan bintang-bintang besar, yang disebut peristiwa supernova.

Untuk sebuah bintang menjadi supernova, itu harus sangat masif – setidaknya delapan kali ukurannya matahari. Tetapi agar supernova dapat menghasilkan jenis ledakan sinar gamma yang paling kuat, bintangnya harus Sekitar 30 hingga 40 kali ukuran matahari. Penemuan baru yang kuat ini, sangat langka sehingga kita mungkin akan melihat sesuatu yang sebesar ini setiap dekade, berasal dari bintang yang sangat besar.

“Ini adalah peristiwa yang sangat unik,” kata Yvette Sendez, astronom dan rekan pascadoktoral di Pusat Astrofisika Harvard-SmithsonianDia memberi tahu Mashable.

Lihat juga:

Sebuah ledakan besar dan misterius telah ditemukan di luar angkasa

Yang terpenting, Anda tidak perlu khawatir. Ledakan besar ini terjadi di galaksi yang berjarak 2 miliar tahun cahaya. Pada jarak seperti itu, energinya, yang telah melakukan perjalanan dan menyebar melalui ruang selama ribuan tahun, tidak menimbulkan bahaya bagi kita. Tapi kita bisa dengan mudah, menggunakan satelit, mendeteksinya.

“Ini setara dengan mendapatkan kursi barisan depan di pesta kembang api,” jelas Cendez.

(Sinar gamma berada pada spektrum radiasi yang sama seperti radio AM dan FM, cahaya tampak yang dapat Anda lihat, dan sinar-X, meskipun sinar gamma memiliki energi paling besar.)

READ  Roket SpaceX mengangkut kru sipil pertama di dunia ke orbit | ruang angkasa

“Ini sangat langka.”

Para astronom belum pernah melihat ledakan sinar gamma di lingkungan galaksi (artinya galaksi lokal di sekitar kita). Ini karena ledakan bintang itu sendiri tidak terlalu umum. Sebuah bintang di galaksi Bima Sakti kita akan berubah menjadi supernova sekali setiap abad. Sendes mencatat bahwa bintang masif, jenis yang diperlukan untuk menghasilkan ledakan sinar gamma yang sangat terang dan panjang (dalam urutan beberapa menit), hanya meledak sekali setiap juta tahun di galaksi berukuran sedang seperti kita.

“Ini sangat langka,” kata Cendez.

Semburan sinar gamma terdeteksi di kejauhan karena kehadirannya Ratusan miliar galaksi Di kedalaman alam semesta, penuh dengan bintang. Ada kemungkinan relatif sedikit peristiwa seperti itu terjadi di dekat kita, dibandingkan dengan alam semesta yang lebih luas. (Selain itu, untuk mengetahuinya, Anda harus menghadapi arah “penindasan” energi yang dipancarkan ke luar angkasa dari ledakan).

Penggambaran artis tentang ledakan sinar gamma dari bintang yang meledak.
Kredit: NASA/ESA/. M. jagung manis

Karena ledakan sinar gamma ini sering terjadi beberapa miliar tahun cahaya, instrumen yang dirancang untuk mendeteksi sinyal ini sangat sensitif. Ini adalah alasan lain untuk penemuan ini, yang relatif “dekat”, intens dan “cerah”.

“Ini seperti mengarahkan teleskop ke matahari,” jelas Seendez. “Ini menjenuhkan detektor.” Ledakan itu “dianggap sebagai salah satu peristiwa paling terang yang diketahui,” NASA memperhatikan.

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi sekarang pada bintang yang meledak setelah keruntuhan dan ledakan yang begitu dramatis. Itu mungkin telah berubah menjadi lubang hitam. Sebagian besar lubang hitam terdiri dari sisa-sisa bintang besar yang mati dalam ledakan supernova. Catatan NASA.

kau ingin lebih Ilmu Apakah berita teknologi dikirim langsung ke kotak masuk Anda? tanda untuk Buletin berita utama Mashable hari ini.

Aliran berikutnya dari ledakan sinar gamma

Teleskop Swift NASA menangkap “aliran balik” dari ledakan sinar gamma yang kuat sekitar satu jam setelah badan tersebut mendeteksi peristiwa tersebut.
Kredit Gambar: NASA/Swift/A Birdmore (University of Leicester).

Lubang hitam adalah objek kosmik yang sangat menarik. Dengan demikian Saya sebelumnya menyebutkan MashableLubang hitam adalah tempat di mana materi dihancurkan menjadi daerah yang sangat padat. Jika Bumi (secara hipotetis) dihancurkan menjadi lubang hitam, lebarnya akan kurang dari satu inci. Namun, objeknya akan tetap sangat masif, karena akan menampung seluruh massa planet kita. Ini menghasilkan tempat dengan tarikan gravitasi yang sangat kuat, dan bahkan cahaya pun tidak dapat lolos. (Benda dengan massa lebih memiliki daya tarik yang lebih kuat.)

Para astronom seperti Cendes sekarang Saksikan dampak dramatis dari ledakan sinar gamma Menggunakan teleskop yang kuat, seperti teleskop radio Submillimeter Array di atas Mauna Kea, di Hawaii.

Jadi alam semesta berputar. bintang mati. Sebuah lubang hitam lahir. Dan kehidupan cerdas, sekitar dua miliar tahun cahaya, menemukan bahwa segala sesuatu terjadi.

Pembaruan: 17 Okt 2022 jam 7:45 pagi UTC Kisah ini telah diperbarui untuk mencerminkan tanggal pasti para astronom menemukan ledakan sinar gamma yang kuat.