BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lepas landas: Teleskop Luar Angkasa James Webb sedang menuju ke lokasinya, 1,5 juta km jauhnya

James Webb dibangun oleh European Space Agency (ESA), Amerika Serikat (NASA), dan Kanada (CSA). Dari Belanda, Universitas Leiden, lembaga penelitian TNO dan kantor ilmiah NOVA-OIR berpartisipasi dalam proyek 8 miliar tersebut.

Melihat ke belakang satu miliar tahun

Teleskop luar angkasa seukuran lapangan tenis dan harus dilipat agar sesuai dengan ruang pemuatan roket Ariane 5. Tiga menit setelah peluncuran, kapsul itu dibuang dan 27 menit kemudian teleskop diluncurkan. James Webb perlahan akan terungkap sepanjang perjalanannya.

Anda dapat melihat bagaimana teleskop akan mempelajari alam semesta dalam video di bawah ini:

James Webb dapat melihat satu miliar tahun lebih jauh daripada yang bisa dilakukan Hubble. Antara lain, ia harus mencari planet-planet yang memungkinkan adanya kehidupan, tentang galaksi-galaksi yang jauh dan jejak-jejak Big Bang. Itu harus tetap digunakan setidaknya selama sepuluh tahun.

Hubble akan terbakar

“Janji Webb bukanlah untuk menemukan apa yang kita harapkan, tetapi untuk membuat penemuan tentang alam semesta yang bahkan tidak dapat kita bayangkan,” kata Administrator NASA Bill Nelson setelah peluncuran. “Saya tidak sabar untuk melihat apa yang dia tunjukkan.”

Maurice T. Plait dari Belanda berkolaborasi dalam proyek besar tersebut. “Ini adalah ide gila bahwa itu benar-benar ada di sini sekarang, tetapi sangat bagus bahwa itu akhirnya terjadi,” katanya. “Kami bekerja keras, mencurahkan banyak energi ke dalamnya. Sekarang saya ingin melihat apa yang bisa dia lakukan, dan apa yang akan dia tunjukkan kepada kita semua.”

Wahana Hubble diluncurkan pada tahun 1990 dan telah mengorbit Bumi sejak saat itu pada ketinggian lebih dari 500 km. Lebih dari tiga puluh tahun kemudian, Hubble telah mencapai akhir hidupnya. Baru-baru ini, teleskop secara teratur ditutup karena masalah teknis. Suatu saat dalam 10 tahun ke depan, Hubble akan jatuh dari orbit. Kemudian terbakar di atmosfer.

READ  Google Stadia mendapat tugas untuk menggunakan smartphone sebagai konsol - Game - Berita

James Webb akan berada di tempat kerjanya dalam waktu sekitar satu bulan. Gambar dan data pertama diharapkan pada musim panas 2022.