BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

European Space Agency (ESA) berhasil meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb – IT Pro – Berita

Badan Antariksa Eropa berhasil meluncurkan roket Ariane 5 yang berisi Teleskop Luar Angkasa James Webb pada pukul 13.20 waktu Belanda. Semua langkah penting telah diselesaikan setelah peluncuran. Fase menarik teleskop sekarang dimulai, di mana bagian-bagian yang diperlukan harus terungkap.

Peluncuran dilakukan oleh Arianespace dari situs peluncuran Kourou di Guyana Prancis, dalam kondisi mendung. Jendela peluncuran 32 menit dimulai pada 13:20 waktu Belanda. Pada saat itu, dua mesin roket padat dan mesin roket utama berpendingin tahap pertama menyala dan Ariane 5 terbang ke langit. Setelah dua menit dua puluh detik terpisah dari landasan peluncuran, kedua pendorong roket yang tidak bergerak itu terlepas dan setelah sekitar empat puluh detik, hadiah Atau kerucut hidungnya jatuh, memperlihatkan teleskop yang runtuh.

Kemudian, sekitar sembilan menit setelah peluncuran, seperti itu dasar mesin Potongan mematikanMomen dan detasemen tahap pertama roket. Setelah momen itu dimulailah panggung khusus yang disebut panggang Mereka dilakukan, yang kadang-kadang dibandingkan dengan menggoyang bayi. Hal ini dilakukan untuk melindungi teleskop dari radiasi matahari selama fase perjalanannya. 25 menit setelah peluncuran, mesin roket tahap kedua dimatikan. Dan 27 menit setelah peluncuran, pesawat ruang angkasa keluar dari tahap kedua. Ini menempatkan James Webb pada jalur langsung menuju tujuannya. Teleskop tidak mengorbit bumi terlebih dahulu.

Tangkapan layar terakhir yang bisa kita lihat di James Webb. Ini ditangkap oleh kamera pada tahap kedua roket, dari mana teleskop lepas landas sesaat sebelum momen ini.

Teleskop James Webb sekarang akan memakan waktu satu bulan untuk mencapai tujuannya: titik Lagrange kedua pada 1,5 juta km. Teleskop luar angkasa di sana akan mengorbit Matahari dengan ritme yang sama dengan Bumi. Karena dari titik itu, Bumi, matahari, dan bulan berada pada titik yang sama, teleskop dapat memblokir semua radiasi itu dengan pelindung mataharinya. Ini sangat penting, karena berbagai instrumen ilmiah harus beroperasi antara -233 dan -266 derajat Celcius. Sebelum James Webb mencapai L2, langkah-langkah kritis yang diperlukan harus diselesaikan, seperti mengekspos panel surya, pelindung matahari dan cermin dasar. Secara khusus, membuka perisai dan menempatkan delapan belas heksa di cermin adalah momen menggigit kuku di mana tidak ada yang salah.

READ  TP Vision akan meluncurkan earbud nirkabel Philips Fidelio T1 pada bulan Desember - gambar dan suara - berita

Tweaker baru-baru ini menerbitkan empat artikel tentang James Webb, di mana: wallpaper umumDan Spektrometer NIRSpecDan instrumen inframerah tengah di sebuah Pentingnya reduksi data telah dibahas. Ada juga yang lain latar belakang Khususnya perbesaran faktor karakteristik Teleskop James Webb dari Hubble, yaitu fokus pada bagian spektrum inframerah. Dengan ini, teleskop akan mendeteksi cahaya dari galaksi generasi pertama, yang terbentuk tak lama setelah Big Bang. Selain itu, James Webb juga akan memainkan peran penting dalam mempelajari komposisi atmosfer eksoplanet yang ditemukan, dan teleskop juga dapat melihat melalui awan debu jauh lebih baik daripada Hubble untuk melihat bintang dan planet potensial.