BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lihat | Indonesia sedang menuju kutukan ekonomi

Bank Indonesia membeli obligasi senilai $ 40 miliar langsung dari pemerintah. Jadi pasar tidak lagi bergerak. Jenis pembiayaan moneter ini sebenarnya merupakan hal yang tabu di kalangan bank sentral. Meski eksperimen tersebut masih berhasil untuk Indonesia, menurut Korn van Ziegel, pada akhirnya akan mengarah pada neraka dan kehancuran ekonomi.

Lihat | Indonesia sedang menuju kutukan ekonomi

Para bankir sentral mengawasi dengan waspada pengalaman Indonesia untuk menjembatani kesenjangan pembiayaan. Untuk saat ini, ini akan menjadi latihan satu kali, dibenarkan oleh keadaan luar biasa yang disebabkan oleh Corona. Tetapi bagaimana jika Indonesia terus menghadapi masalah pendanaan setahun dari sekarang? Apa yang akan dilakukan pemerintah dan bank sentral selanjutnya? Jika ini berhasil, Anda akan tergoda untuk melakukannya lagi untuk sementara. dan lagi.

BNR

Tidak perlu pajak lagi

Sekarang populisme terus berkembang di seluruh spektrum politik, ini adalah risikonya. Ini adalah solusi termudah bagi politisi. Apakah ada kesenjangan pendanaan? Nah, kenaikan pajak tidak perlu, mereka hanya mencetak uang tunai. Memang, mengapa mereka harus tetap mengenakan pajak? Anda segera mengerti mengapa bank sentral harus independen. Sulit untuk mematikan mesin uang yang berjalan dengan lancar. Zimbabwe adalah contoh yang bagus untuk ini.

Dengarkan juga | Belum pernah terjadi sebelumnya di masa damai: Apakah Hakim Gagal Ekonom?

Kepercayaan pada sistem uang runtuh

Uang tidak lebih dari selembar kertas dengan kepercayaan diri yang tinggi. Keyakinan itu seperti karet gelang. Anda bisa memperpanjangnya lebih jauh. Ini pasti terjadi sekarang. Ada saatnya kepercayaan pada sistem uang saat ini rusak dan karenanya tidak dapat diperbaiki.

Jalan menuju kutukan ekonomi

Bagaimana keadaan sekarang di Indonesia? Jawabannya sederhana: bagus. Rupee hampir tidak terdepresiasi dan suku bunga di Indonesia sedikit turun. Di sinilah letak bahaya terbesar. Setelah Anda memilih solusi yang mudah ini dan sepertinya tidak ada kekurangan jangka pendek, godaannya adalah untuk terus menjalankan mesin uang. Tapi lintasan pembiayaan moneter yang membingungkan pada akhirnya mengarah pada neraka dan kehancuran ekonomi.

Tentang kolom Cornet van Zigel

Corné van Zeijl adalah seorang analis dan ahli strategi di perusahaan manajemen aset Actiam yang juga berinvestasi secara pribadi. Balas melalui: [email protected] Anda juga bisa membuat kolom ini setiap hari Jumat Baca di FD.

READ  Presiden Indonesia adalah yang pertama menerima vaksin melawan Corona