BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lima pertanyaan tentang hasil pemilu di Afrika Selatan

Lima pertanyaan tentang hasil pemilu di Afrika Selatan

Seorang pegawai Komisi Pemilihan Umum Afrika Selatan memeriksa formulir pemungutan suara

Berita Noos

  • Ellis Van Gelder

    Koresponden Afrika

  • Ellis Van Gelder

    Koresponden Afrika

Partai Kongres Nasional Afrika yang berkuasa mengalami kekalahan telak dalam pemilu yang berlangsung di Afrika Selatan. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1994, partai tersebut kehilangan mayoritas absolutnya. Lima pertanyaan tentang hasil pemilu.

Apa yang salah dengan ANC?

ANC berkuasa selama tiga puluh tahun. Para pemilih setia karena peran yang dimainkan partai Nelson Mandela dalam perjuangan melawan apartheid dan demi Afrika Selatan yang bebas dan demokratis. ANC menjanjikan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang. Namun terdapat banyak pengangguran dan negara ini menderita kekurangan energi dan air serta tingkat kejahatan yang tinggi.

Afrika Selatan bukanlah Afrika Selatan yang bebas dan setara seperti yang diharapkan oleh masyarakat Afrika Selatan, dan kekecewaan ini kini tercermin dalam perilaku memilih. Kini, setelah hampir seluruh suara dihitung setelah tiga hari, ANC hanya memperoleh 40 persen suara. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan pemilu sebelumnya, ketika partai tersebut memperoleh lebih dari 57% suara. Artinya sebagian besar warga Afrika Selatan tidak ingin lagi diperintah oleh partai yang memimpin mereka dalam perjuangan melawan apartheid dan demokrasi.

Kapan terjadi kesalahan?

Untuk jangka waktu yang lama, misalnya jika menyangkut permasalahan infrastruktur. Perencanaan yang dilakukan belum cukup mengenai bagaimana membangun jaringan pipa air baru dan bagaimana negara ini dapat menghasilkan lebih banyak listrik. Tudingan korupsi dan mismanajemen juga banyak terjadi pada era mantan Presiden Jacob Zuma (2009-2018). Misalnya, teman-teman Zuma telah memperoleh posisi penting di perusahaan pemerintah, seperti perusahaan listrik negara, dan hubungan dekat dengan Zuma telah membantunya memenangkan kontrak bernilai jutaan dolar.

READ  Hampir 400 petugas campur tangan dalam serangan Ovaldi terlambat karena "kegagalan sistematis"

Oleh karena itu, Zuma terpaksa mengundurkan diri pada masa kepemimpinannya. Presiden saat ini Cyril Ramaphosa diangkat ke dalam perisai. Bersamanya, ANC, dan banyak warga Afrika Selatan, berharap perekonomian akan menjadi lebih baik dan tingginya angka pengangguran serta korupsi dapat diatasi. Namun hal itu tidak terjadi, dan kesabaran pemilih pada pemilu kali ini habis.

Mengapa partai mantan Presiden Zuma mendapat begitu banyak dukungan?

Setelah ANC, Aliansi Demokratik memperoleh jumlah suara terbanyak (21 persen), namun kejutan terbesarnya adalah partai baru Umkhonto Visizwe berada di posisi ketiga (14 persen), diikuti oleh mantan Presiden Zuma.

Zuma setelah memberikan suaranya

Partainya, MK, memenangkan banyak suara di provinsi KwaZulu-Natal, tempat banyak orang juga pergi ke tempat pemungutan suara. Zuma mengatakan dia berkomitmen terhadap masyarakat miskin dan mereka merasa didengarkan. Masyarakat juga memilih MK secara massal karena memiliki budaya yang sama.

Terlebih lagi, Zuma mengatakan dirinya adalah korban konspirasi terhadap dirinya, seperti tuduhan korupsi. Dia adalah seekor kucing dengan sembilan nyawa di Afrika Selatan dan suka berkelahi. Terlebih lagi, dia tidak memenuhi syarat; Sebelum pemilu, hakim memutuskan untuk tidak mengizinkannya masuk Parlemen karena dia dinyatakan bersalah melakukan penghinaan terhadap pengadilan.

Apa dampaknya bagi ANC?

Kerugian besar yang dialami ANC membuat kerjasama hanya dengan partai kecil menjadi sulit. Oleh karena itu, ANC harus mempertemukan salah satu partai yang lebih besar untuk bisa memerintah. Ini tidak terlalu jelas. Tidak ada partai yang mempunyai ideologi yang sama dengan partai tersebut. Misalnya, Aliansi Demokratik – sebuah partai berhaluan kanan-tengah – masih dipandang oleh sebagian pihak sebagai partai yang mengutamakan kepentingan dunia usaha dan kelas menengah. Jumlah ini mencakup lebih banyak warga kulit putih Afrika Selatan dibandingkan warga kulit hitam Afrika Selatan, yang sebagian besar masih hidup dalam kemiskinan. Pertanyaannya adalah apakah Presiden Ramaphosa dapat menjual kemitraan tersebut kepada para pendukungnya.

READ  Seorang politisi pergi ke rumah sakit dengan kontraksi, dan satu jam kemudian putrinya | Luar negeri

Pilihan lainnya adalah berkoalisi dengan MK atau dengan MK dan partai keempat, Pejuang Kemerdekaan Ekonomi (9 persen suara). Kedua belah pihak ingin menasionalisasi pertambangan dan perusahaan serta menyita tanah tanpa kompensasi. Juru bicara partai Zuma mengatakan mereka hanya ingin membentuk koalisi jika konstitusi disusun ulang sehingga Zuma bisa masuk parlemen dan terpilih sebagai presiden berikutnya. Aliansi Demokratik menggambarkan hal ini sebagai skenario hari kiamat.

Apa artinya ini bagi presiden saat ini?

Posisi Ramaphosa bergantung pada aliansi yang dipilihnya. Aliansi dengan MK berarti akhir dari Ramaphosa. Aliansi Demokratik memiliki hubungan baik dengan Ramaphosa. Dia harus berusaha mempertahankan kendali partainya, yang belum pernah bersatu sejak Zuma meninggalkan jabatannya. Oleh karena itu, penyelamatannya dilakukan melalui kerja sama dengan Aliansi Demokratik, dan sepertinya mereka juga menginginkan hal tersebut.

Pada saat yang sama, pembangunan koalisi merupakan fenomena baru di Afrika Selatan, tempat ANC berkuasa selama 30 tahun terakhir. Konstitusi menetapkan bahwa mereka hanya memiliki waktu dua minggu untuk membentuk koalisi setelah hasil resmi diumumkan besok. Ada beberapa minggu ke depan yang sulit dan tidak terduga.