BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Majalah Solar Energy – Kerjasama Belanda dan Indonesia untuk mendirikan pabrik panel surya dan taman terapung surya

Menteri Iklim dan Energi Cetin dan Menteri Arivin ESDM menandatangani Nota Kesepahaman di Denpasar, yang mencakup kerja sama untuk mempercepat transisi energi Indonesia.

Puncak 300 MW
Kerjasama dengan Indonesia berfokus pada pertukaran pengetahuan dan dukungan untuk proyek-proyek nyata. Misalnya, Bondera baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan raksasa energi negara Indonesia Pertamina untuk mengembangkan ladang angin lepas pantai pertama di Indonesia.

Selain itu, “Sekolah dan Pusat Pelatihan Energi Terbarukan” bersama akan didirikan di Jawa pada akhir tahun ini. Belanda dan Indonesia juga berniat untuk mempercepat serangkaian proyek yang sudah ada, seperti proyek percontohan kolektor surya terapung dan dukungan untuk pabrik panel surya film tipis pertama di Indonesia. Pembangkit ini merupakan inisiatif dari HyET Solar, bersama dengan Pertamina, dan akan dibuka pada tahun 2023. Kapasitas produksi tahunan akan menjadi 300 MW.

Penyimpanan hidrogen dan energi
“80 persen emisi global berasal dari 20 ekonomi terbesar, jadi ada tanggung jawab bersama untuk mengurangi ini dengan cepat,” kata Menteri Iklim dan Energi G-20 Gettin. Transisi ke sistem energi yang bersih dan berkelanjutan berkontribusi besar terhadap hal ini. Saya sangat senang bekerja sama dengan Indonesia dalam transisi energi. Ada banyak hal yang mungkin di Indonesia, misalnya energi angin dan matahari, sesuatu yang telah kami dapatkan banyak pengalaman di Belanda dan ingin menggunakannya di Indonesia.

Selain energi angin dan matahari, kedua negara juga akan memperluas kerja sama yang sudah ada ke bidang lain, seperti energi panas bumi, hidrogen, penyimpanan energi, bioenergi, dan efisiensi energi. Hal ini akan dilakukan dalam bentuk meja bundar antara lain dengan perwakilan dari sektor publik, swasta dan akademisi.

READ  Britha Pindah dari Bali ke Zoetermeer: ​​'Di Indonesia tidak ada agenda'