BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Makam status khusus veteran KNIL Maluku dibuka di Farmsam

Makam status khusus veteran KNIL Maluku dibuka di Farmsam

Sebuah plakat yang menandai status khusus makam para veteran KNIL Maluku dan mitra mereka telah diresmikan di Pemakaman Gereja Protestan di Farmsom. Walikota Ben Visser meluncurkan plakat bersama perwakilan dari masyarakat Maluku pendapatan peternakan.

Pada peringatan 70 tahun orang Maluku di Belanda, masyarakat Maluku di Appingedum dan Formusm meminta status khusus untuk nisan orang tua yang harus mengungsi dari tanah airnya untuk berperang sebagai prajurit KNIL di tentara Hindia Belanda. . Dewan Eksekutif dan Dewan Eamsdelta memberikan status khusus pada Desember 2022.

Sebuah plakat yang menandai status khusus makam prajurit KNIL Maluku dan mitra mereka dari komunitas Appingedum diresmikan pada 25 Maret di Pemakaman Rasthof dan Stilweer. Alderman Mindert Justens meluncurkan plakat bersama perwakilan masyarakat Maluku di Uppingedam.

Menjaga cerita tetap hidup

Walikota Ben Visser: “Dengan memberikan status khusus pada makam para veteran KNIL Maluku dan sekutunya, kami menyadari bahwa penerimaan dan sistem penyambutan Belanda pada saat itu tidak layak, yang telah meninggalkan jejak yang dalam hingga hari ini. Dewan dan Dewan Eksekutif dengan ini menunjukkan rasa hormat mereka kepada prajurit setia yang telah setia melayani negara kita. Akibatnya, mereka tidak lagi aman dan harus meninggalkan tanah air bersama keluarga.

Pengerahan Prajurit KNIL Maluku Selatan

Selama Perang Dunia II pada tahun 1942, tentara KNIL Maluku Selatan berjuang dengan sia-sia melawan Jepang yang menyerang. Ketika Perang Kemerdekaan Indonesia pecah setelah Perang Dunia II pada tahun 1945, tentara KNIL ditempatkan oleh Belanda melawan kaum nasionalis Indonesia. Pada bulan Desember 1949, setelah perang yang sangat sengit, Belanda menyerahkan kedaulatan Hindia Belanda kepada Republik Indonesia Serigat (Indonesia Serikat), I. Sukarno adalah pemimpinnya. KNIL akan dibubarkan.

READ  Boeing F-15EX Eagle II • Disebut Polandia dengan pilot & pesawat

Seladon Republik Maluku

Dalam perundingan tersebut, pada tanggal 25 April 1950, Republik Maluku Selatan (Republik Maluku Selatan) yang merdeka dideklarasikan di pulau Ambon, tetapi pemerintah Indonesia tidak mengakui negara ini. Di sisi lain, banyak tentara Maluku yang mendukung republik baru itu. Pemerintah Belanda memutuskan untuk mengirim tentara dan keluarganya pada tahun 1951, agar tidak menekan hubungan yang rapuh dengan Indonesia, dan karena keputusan PBB yang melarang Belanda memobilisasi tentara ini di luar kehendak mereka di Jawa dan sekitarnya. ke Belanda atas perintah dinas.

Tempat penampungan sementara itu sulit dan permanen

Harapan umum adalah bahwa ini bersifat sementara, berlangsung sekitar enam bulan. Tentara dan keluarga mereka ditampung di kamp-kamp. Kondisi di kamp-kamp Belanda sangat keras, dan harapan bahwa mereka akan tinggal sementara tidak terwujud. Orang Maluku kemudian menetap (terkadang di bawah tekanan) di kantong-kantong Maluku yang tersebar di seluruh kotamadya Belanda. Kawasan pemukiman Maluku pertama di Belanda dibangun di bekas kotamadya Appingedam.