BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Malware terdeteksi di ratusan game dari Huawei AppGallery – Komputer – Berita

Diperkirakan hampir sepuluh juta pengguna telah terpengaruh oleh malware yang dipasang Huawei AppGallery. Toko aplikasi pabrikan Cina berisi ratusan game yang memasang malware di smartphone Android

Malware terdeteksi dalam file untuk menganalisa Dilakukan oleh para peneliti di Doctor Web. Para peneliti telah menemukan bahwa malware diinstal melalui game di Huawei App Store. Analisis menemukan bahwa setidaknya 9,3 juta pengguna Android telah mengunduh dan menginstal game.

Setelah terinstal, malware meminta akses ke berbagai data dari smartphone dan meneruskannya ke server jarak jauh. Data tersebut meliputi nomor telepon, lokasi GPS, informasi jaringan, dan spesifikasi teknis perangkat.

Ini adalah trojan Android.Cynos.7.origin dan setidaknya 190 game di AppGallery berisi malware ini pada saat Doctor Web melakukan analisis. Muncul dalam berbagai jenis game, dari game puzzle hingga game menembak. Beberapa game secara khusus menargetkan pengguna Rusia atau Cina.

Doctor Web memberi tahu Huawei tentang malware tersebut sebelum dipublikasikan. Aplikasi tersebut telah dihapus dari AppGallery oleh Huawei.

READ  Fitur uji Sony untuk membagikan tangkapan layar dan video PS5 melalui aplikasi PlayStation - Game - Berita