BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mantan Presiden Brasil Bolsonaro Harus Mengembalikan Perhiasan Saudi |  di luar

Mantan Presiden Brasil Bolsonaro Harus Mengembalikan Perhiasan Saudi | di luar

Kantor Audit Federal Brasil telah memerintahkan mantan Presiden Jair Bolsonaro untuk menyerahkan sejumlah perhiasan yang diterimanya dari pemerintah Arab Saudi dalam waktu lima hari. Bolsonaro juga harus menyerahkan daftar lengkap semua hadiah yang dia terima selama masa kepresidenannya.

Dalam putusannya, pengadilan mengatakan Bolsonaro harus mengembalikan barang-barang itu kepada “pemilik yang sah, istana kepresidenan” dalam waktu lima hari.

Di bawah undang-undang Brasil, pejabat pemerintah hanya diperbolehkan menyimpan sumbangan jika mereka memiliki “nilai yang sangat pribadi tetapi nilai uang yang kecil.”

Putusan itu dikeluarkan beberapa hari setelah polisi Brasil mengumumkan penyelidikan atas upaya sebelumnya oleh Bolsonaro untuk menyelundupkan perhiasan yang disumbangkan kepadanya ke Brasil tanpa mengumumkannya.

Raja Saudi akan menyumbangkan perhiasan senilai lebih dari 3 juta euro kepada presiden Brasil saat itu dan istrinya pada tahun 2021. Bolsonaro, yang telah berada di Amerika Serikat sejak akhir Desember, juga akan dipanggil untuk bersaksi sebagai bagian dari penyelidikan.

Mantan presiden Brasil itu telah mengumumkan melalui surat dari pengacaranya bahwa dia akan menyerahkan perhiasan itu kepada negara.

READ  Pemerintah Israel melunakkan harapannya mengenai gencatan senjata di Gaza