BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Marketmind: safe havens klasik menang dalam krisis global

Marketmind: safe havens klasik menang dalam krisis global

Melihat pasar Asia keesokan harinya dari Jamie McGeever.

Tidak diragukan lagi sekarang – Credit Suisse telah mengumumkan krisis perbankan dan dalam mode krisis keuangan klasik investor bergegas ke safe haven global dolar AS, Departemen Keuangan AS dan yen Jepang.

Data ekonomi utama akan dirilis dari Asia pada hari Kamis – PDB Selandia Baru, perdagangan Jepang, pengangguran Australia, keputusan suku bunga Indonesia – tetapi semuanya akan dibayangi oleh volatilitas sengit yang berkecamuk di pasar global.

Penggerak utama untuk pasar Asia pada hari Kamis mungkin datang dari Frankfurt. ECB berada di jalur untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, tetapi mungkinkah itu menjadi agresif – mungkinkah pengetatan sama sekali – mengingat peristiwa yang bergejolak pada hari Rabu?

Orang yang sinis mungkin menunjukkan bahwa ECB memiliki reputasi untuk tidak memahami skala krisis keuangan yang sedang berkembang dan untuk menaikkan suku bunga. Bukan sekali, tapi dua kali.

dolar / yen – perubahan mingguan,

Pasar Asia kemungkinan akan dibuka di bawah tekanan berat pada hari Kamis, bahkan ketika Wall Street ditutup lebih rendah – Nasdaq bahkan naik sedikit – setelah Bank Nasional Swiss mengatakan akan memberikan likuiditas “jika diperlukan” kepada Credit Suisse.

Bahkan jika keputusan penuh tentang Credit Suisse diumumkan dan pasar melihat reli bantuan pada hari Kamis, krisis keuangan tidak akan terselesaikan dalam beberapa hari. Ingat, Bear Stearns ditebus pada Maret 2008, minyak naik ke level tertinggi sepanjang masa, Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga pada Juli, dan Lehman tidak ditebus hingga September.

Kontroversi berkembang tentang penyebab krisis perbankan – solvabilitas, likuiditas, atau kualitas aset? Titik buta peraturan, tanggapan AS dan Swiss sejauh ini, apa lagi yang perlu dilakukan oleh regulator, dan implikasinya terhadap pertumbuhan dan kebijakan moneter di masa depan.

READ  Fakta - Langkah-langkah pemerintah untuk meringankan rasa sakit dari inflasi

Namun pada akhirnya, sistem perbankan dan pasar bergantung pada kepercayaan. Ketika itu benar-benar hilang – dan bisa hilang dengan sangat cepat – butuh waktu lama untuk pulih.

Di tengah begitu banyak ketidakpastian, investor tidak akan menyimpang jauh dari keamanan dolar, treasury bills dan yen, dan jaminan surat berharga AS yang bernilai tinggi. Indikator ekonomi Asia di atas dapat memberikan gangguan singkat, tetapi kemungkinan tidak lebih dari sekadar pendek.

Suku bunga AS 2 tahun – perubahan mingguan,

Berikut adalah tiga perkembangan utama yang dapat memberi pasar lebih banyak arah pada hari Kamis:

Pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa

– Keputusan suku bunga di Indonesia

– Perdagangan Jepang (Feb)