BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Matematikawan menemukan bentuk 13 sisi baru yang disebut “topi”

Matematikawan menemukan bentuk 13 sisi baru yang disebut “topi”

Bagi sebagian orang, ubin jarang dipikirkan kecuali sudah waktunya untuk renovasi rumah, tetapi bagi ahli matematika, ubin menghadirkan banyak misteri – dan tim yang cerdas telah menemukan teka-teki yang sangat menantang. Para peneliti mengidentifikasi bentuk yang sebelumnya hanya teoretis: konfigurasi 13 sisi yang disebut “topi” yang dapat membentuk permukaan tanpa pengulangan.

Topi adalah apa yang dikenal sebagai monotil asiklik, yang berarti bahwa satu bentuk dapat melapisi permukaan tanpa simetri transisi, atau tanpa mengulangi polanya sama sekali. terkenal Ubin Penrose adalah contoh ubin aperiodik, di mana polanya aperiodik tetapi menggunakan dua bentuk yang berbeda.

Ubin topi hanya menggunakan satu bentuk, “einstein”, istilah Jerman untuk “satu batu”, yang membuat polanya menjadi monolit yang tidak beraturan. Topi 13 sisi berbentuk polihedral, terdiri dari delapan layang-layang yang dipasang di ujungnya. Keberadaan monotyl non-periodik murni teoretis sampai tim peneliti yang dipimpin oleh ahli matematika David Smith dan rekannya menunjukkan keberadaannya di lembar prepress Diposting online bulan ini.

“Anda benar-benar mencari satu hal dalam sejuta. Anda memfilter 999.999 item yang membosankan, dan kemudian Anda mendapatkan sesuatu yang aneh, dan itu layak untuk dieksplorasi lebih lanjut,” kata rekan penulis Chaim Goodman-Strauss, seorang matematikawan di National Mathematical. Museum. dunia baru. “Dan kemudian Anda mulai memeriksanya secara manual dan mencoba memahaminya, dan Anda mulai mencabut strukturnya. Di sinilah komputer menjadi tidak berharga karena manusia harus terlibat dalam membangun bukti yang dapat dipahami manusia. ”

Bagi ahli matematika, penemuan ini tampaknya menjawab pertanyaan teknik yang sudah lama ada. Tapi bagi kita semua, mungkin itu merupakan pilihan ubin kamar mandi baru yang funky.

READ  Insinyur Rusia menilai kebocoran dari pesawat ruang angkasa kru Soyuz - Spaceflight Now