BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah “parade” planet menciptakan “bom cahaya kosmik” bagi para pengamat bintang di wilayah Teluk

Sebuah “parade” planet menciptakan “bom cahaya kosmik” bagi para pengamat bintang di wilayah Teluk

Pengamat bintang di Bay Area ingin melihat ke langit tepat setelah matahari terbenam mulai Senin: akan ada “parade” langka dari lima planet, jika cuaca memungkinkan, ditambah gugus bintang dan bulan sabit.

Meskipun “parade planet” mungkin terlihat setelah matahari terbenam dalam beberapa hari ke depan, peluang terbaik adalah lebih cepat daripada nanti, kata Paul Lynam dari Observatorium Danau di Gunung Hamilton. Peluang terbaik adalah malam ini.”

Tampilan langit harus dimulai 20 menit setelah matahari terbenam, atau sesaat sebelum jam 8 malam, Menurut astronom Joe Rao. Dia menulis bahwa benda langit akan muncul dalam urutan berikut dan bergerak dari kiri ke kanan di langit barat: gugus bintang Messier 35, Mars, Bulan, Uranus, Venus, Jupiter, dan Merkurius.

Temukan planet di langit

Venus yang cerah, di tengah pandangan, akan menjadi planet yang paling mudah dilihat. Tapi langsung dari kelelawar, Anda harus bertujuan untuk melihat sekilas Jupiter dan Merkurius, Saran Rao di kolom untuk Space.comKarena mereka akan menjadi yang pertama menghilang.

Kedua planet akan berdampingan, di bawah dan di sebelah kanan Venus, dekat cakrawala tempat matahari baru saja terbenam, dengan Jupiter hampir dua kali lebih terang dari Merkurius, menurut Rao.

“Merkurius berbaris sangat dekat dengan Jupiter di langit – seperti bom cahaya kosmik! Jadi orang dapat mencoba melihat Merkurius di langit cerah di sebelah kanan Jupiter,” Jeff Matthews, seorang astronom di Foothill College di Los Altos Hills, kata dalam email. Langsung.” “Ini pasti akan menjadi perlombaan antara menempatkan planet dan langit yang lebih gelap!”

Di atas dan di sebelah kiri Venus, kata Rao, akan ada Uranus, bersinar hijau kusam. Untuk menemukan Mars, pertama cari bulan sabit; Objek bercahaya di kiri atasnya adalah planet merah.

READ  Stasiun Luar Angkasa Internasional hampir terkena puing-puing satelit China

Gugus bintang Messier 35 akan berada di kiri atas Mars, kata Rao. Dijuluki M35 singkatnya, gugus di konstelasi Gemini muncul sebagai formasi melengkung dari cahaya redup, dengan bintang merah di tengahnya.

Di mana dan kapan melihat Planet Parade

Melihat sekilas semua ini bisa menjadi tantangan. Pertama, cuaca harus bekerja sama – dan meskipun langit Bay Area cerah pada Senin tengah hari, ramalan cuaca menunjukkan penumpukan awan yang lebat, dengan hujan mulai sekitar pukul 21.00 di North Bay dan tengah malam di wilayah lainnya.

Menurut Matthews, Senin bukan satu-satunya kesempatan. “Posisi planet-planet di langit hanya berubah secara bertahap, jadi jarang terjadi ‘hanya satu malam’. Malam ini adalah saat Merkurius dan Jupiter tampak lebih dekat satu sama lain di langit, tetapi posisi akan berubah perlahan selama beberapa malam berikutnya.

Jika ada, selama beberapa hari ke depan, peluang untuk melihat Merkurius dengan mata telanjang hanya akan meningkat, karena ia akan terus bergerak lebih tinggi di langit dibandingkan dengan Jupiter, dan karena itu lebih rendah dari cakrawala beberapa saat kemudian ketika langit cerah. lebih gelap.”

Jika langit cerah, Rao merekomendasikan tempat yang datar dan terbuka lebar dengan pemandangan cakrawala yang tidak terhalang—idealnya, garis pantai yang menghadap ke barat. Sementara bulan dan planet-planet yang lebih terang dapat dilihat tanpa peralatan khusus, teropong atau teleskop kecil diperlukan jika Anda ingin menemukan benda langit yang lebih redup seperti Uranus, serta Jupiter dan Merkurius.

Untuk melihat dua yang terakhir, Rao menyarankan pertama melihat rendah di cakrawala barat dengan teropong tepat setelah matahari terbenam. Ketika Anda menemukannya, coba lihat dengan mata Anda. Dan nikmati selagi masih ada—paling lama sekitar 30 menit, kata Rao, setelah itu kedua planet akan berada lebih rendah dari cakrawala.

READ  Para ilmuwan meretas otak dan mengembalikan ingatan tertentu menggunakan prostetik

Matthews mengatakan bahwa semua planet, termasuk Bumi, berputar di sekitar bidang yang sama, dan oleh karena itu bagi kita tampaknya mereka bergerak dalam garis yang sama melintasi langit.

Penyelarasan planet terjadi ketika sekelompok planet berbaris di satu sisi matahari dari perspektif Bumi, kata astronom NASA Bill Cook kepada The Associated Press. Mereka dapat memasukkan planet yang berbeda dalam jumlah yang berbeda, dan meskipun tidak jarang, beberapa jenis lebih jarang dari yang lain.

Dalam kasus ini, misalnya, “melihat lima planet dengan bulan sabit adalah hal yang tidak biasa,” kata Andrew Fracknoy, ketua emeritus di departemen astronomi di Foothill College.

Penyelarasan planet yang terjadi pada 6 Juni tahun lalu termasuk planet “mata telanjang” Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, yang dapat dilihat tanpa peralatan dan muncul secara berurutan dari Matahari — sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sejak saat itu. 2004 dan tidak akan terjadi lagi sampai 2040.

Penjajaran lima planet lainnya akan muncul pada bulan Juni, menurut pembuat aplikasi pengamatan bintang Star Walkyang meliputi Merkurius, Uranus, Jupiter, Neptunus, dan Saturnus.

Matthews mencatat bahwa bagi mereka yang ingin melihat planet lebih dekat, Observatorium Foothill College di 4100 Perimeter Road di Los Altos Hills buka pada hari Jumat dari jam 9 hingga 11 malam, jika cuaca memungkinkan. Melihat dan parkir gratis.

Annie Feinstein dari The Chronicle berkontribusi pada laporan ini.

Hubungi Anna Buchmann: [email protected]