BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Maurice Swerk memenangkan Hadiah Brusse untuk Buku Jurnalisme Terbaik dengan penelitian tentang kejahatan perang Belanda di Indonesia

Maurice Swerk memenangkan Hadiah Brusse untuk Buku Jurnalisme Terbaik dengan penelitian tentang kejahatan perang Belanda di Indonesia

Penutupan De Indische. Mengapa Maurice Swerk Tidak Diadili atas Kejahatan Perang Belanda di Indonesia.foto RV

Penyerahan penghargaan, inisiatif Dana untuk Proyek Jurnalisme Khusus dan terkait dengan hadiah uang tunai sebesar 10.000 euro, diumumkan pada Sabtu malam di sebuah program radio. Dengan pandangan ke hari esok. Menurut dewan juri, buku tersebut merupakan “karya referensi penting yang tidak hanya menjelaskan apa yang terjadi, tetapi terutama bagaimana semua itu bisa terjadi, di saat masa lalu kolonial Belanda kembali dipertanyakan,” ujar ketua juri Hasna. L. Marudi.

Menurut El Marudi, Swerk menunjukkan dalam bukunya bahwa kekerasan di Hindia Belanda bersifat “sistematis dan ‘normal'”. Karena wawasan baru itu, signifikansi sosial De Indische Doofpot besar, menurut juri. “Buku itu memegang cermin untuk kita semua.”

Pesan sebagai asisten pengajar

“Secara keseluruhan, buku ini memenuhi semua syarat yang harus kami tetapkan untuk buku jurnalistik terbaik 2022,” ujar Al-Maroudi. Selain itu, juri berpendapat bahwa buku ini juga dapat menjadi dokumen pendidikan tentang bagaimana kita mendekati hak asasi manusia. “Kamu bisa membacanya tiga kali dan mempelajari sesuatu yang baru setiap kali.”

“Luar biasa,” jawab Swerk dalam sebuah siaran Dengan pandangan ke hari esok setelah mengumumkan kemenangannya. “Ini suatu kehormatan besar.”

penyamaran India. Mengapa pelaku kejahatan perang Belanda tidak diadili di Indonesia? Itu adalah salah satu dari lima karya terpilih yang diumumkan awal tahun ini. Pesaing lainnya adalah Ettie Hilsum. Kisah hidupnya Oleh Judith Colmier; keadaan yang memburuk. Perjuangan warga Groningen melawan penguasa gas oleh Ineke Noordhoff; Jutaan Sywert. Temukan topeng emas untuk wajah Oleh Jan-Hein Strop & Stefan Vermeulen Rotterdam. Sebuah ode untuk ketidakmampuan oleh Arjen van Veelen.

Dana BJP telah memberikan hadiah, dinamai jurnalis MJ (Rie) Brusse (1873-1941), untuk ke-16 kalinya. Pada tahun 2022, Rolene Redmond memenangkan penghargaan tersebut, bersama dengan bukunya pintu-pintu. Mencari keluarga budak Afrika-Amerika di Karibiayang muncul di De Arbeiderspers.

READ  Piala Dunia Sepakbola sebagai latihan? Qatar sekarang juga menjadi kandidat untuk ... Olimpiade 2036