BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Media pemerintah: China akan mengenakan tarif nol pada impor batu bara hingga akhir 2023

Media pemerintah: China akan mengenakan tarif nol pada impor batu bara hingga akhir 2023

China akan memperpanjang beberapa langkah pajak preferensial dan terus menerapkan tarif nol pada impor batu bara hingga akhir tahun ini, lapor media pemerintah CCTV pada hari Jumat, mengutip rapat kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Qiang pada hari yang sama.

China memangkas tarif batu bara menjadi nol April lalu di tengah kekhawatiran tentang keamanan energi domestik dan gangguan pasokan.

Dalam dua bulan pertama tahun ini, impor batu bara ke dalam negeri naik 71% dari periode yang sama tahun lalu karena utilitas membeli lebih banyak batu bara termal murah dari Indonesia, sementara impor dari Mongolia juga meningkat setelah pelonggaran perbatasan COVID-19.

Media pemerintah melaporkan bahwa China juga akan memotong beberapa pajak untuk usaha kecil dan perusahaan perorangan dan memperpanjang kebijakan yang menguntungkan ini hingga akhir tahun 2024.

Langkah-langkah pajak preferensial lainnya termasuk mengurangi pajak penelitian dan pengembangan dan membagi dua pajak untuk perusahaan logistik di lahan penyimpanan massal di daerah perkotaan.

CCTV mengatakan pemotongan itu diperkirakan akan mengurangi total pengeluaran lebih dari 480 miliar yuan ($69,80 miliar) per tahun.

Tahun lalu, dengan bisnis swasta terpukul keras oleh penguncian dan pembatasan parah yang disebabkan oleh virus corona baru, Kementerian Keuangan mengatakan, pemotongan pajak, pengembalian pajak, dan pembayaran yang ditangguhkan di China mencapai 4,2 triliun yuan. Ini termasuk 2,4 triliun yuan dalam kredit pajak pajak pertambahan nilai, yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

($1 = 6,8768 CNY)

READ  Apa arti invasi Ukraina bagi masa depan Taiwan