BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

membantu! Arsip Belgia dalam bahaya setelah banjir dan ledakan jamur dalam buku-buku unik | luar negeri

Apakah memori kolektif bangsa berada di dalam air? “Untungnya, arsip negara itu sendiri terhindar dari kerusakan air,” kata Direktur Komunikasi Gertje Ellot kepada Het Nieuwsblad. Tapi banyak arsip pemerintah yang kami awasi rusak parah. Gudang di Verviers, Limbourg, Wanze, dan Eupen sangat terpengaruh sehingga tidak dapat diakses selama lebih dari tiga hari. Arsip juga telah dibuang di beberapa pengadilan.”

es kering mencair

Konsekuensi hukum tidak dapat dikesampingkan. “Sebagian besar catatan kami bersifat legal atau finansial, dan disimpan sebagai beban pembuktian,” kata Ellot. “Kebanyakan salinan unik, bukan digital.”

Arsip Negara sekarang mencari freezer -20 derajat. Ini akan membantu memerangi ledakan jamur dan memastikan tinta tidak tertinggal lebih lama dan melonggarkan lem. Untuk mencegah rembesan air selama pencairan akhir arsip, perusahaan yang menggunakan pengeringan beku dalam skala besar juga diizinkan untuk mendaftar.

Senter

Pertanyaannya adalah apakah pembekuan masih masuk akal. “Empat puluh delapan jam pertama sangat penting,” kata Rekan Els Herbott, Kepala Arsip Negara di Eupen. “Sudah terlambat sekarang. Tapi itu semua tergantung pada bahan dan tingkat kerusakannya, jadi siapa yang tahu.”

Di Eupen, Herrebout dan rekan mengidentifikasi 50 teratas dari 150 meter dari arsip dalam setengah jam Senin lalu (dengan bola lampu dalam gelap, gudang bawah tanah yang banjir tanpa listrik) dan membawanya ke freezer di Cologne. “Jika kita membekukan dan mengeringkannya dalam enam minggu, kita akan melihat apa yang bisa kita hemat secara efektif.”

READ  Langsung | Vaksinasi mungkin tertunda karena masalah pengiriman Janssen, '74 dan '75 pada gilirannya untuk injeksi Virus corona